Mohon tunggu...
Ari Sony
Ari Sony Mohon Tunggu... Administrasi - Bung Arson, Pengamat dan Pemerhati Olahraga Khususnya Sepakbola

Olahraga adalah nadi yang harus selalu digerakkan, dan ketika menulis topik lainnya harus sesuai dengan sudut pandang sendiri dan pemikiran yang matang

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Inilah Calon Lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 Setelah Berhasil Naik Pot 3

1 Februari 2022   15:09 Diperbarui: 1 Februari 2022   15:11 6585 26 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Skuad Timnas Indonesia lawan Timor Leste. (Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

Salah satu misi utama PSSI menggelar FIFA Matchday pada bulan Januari 2022, adalah untuk mendongkrak ranking FIFA Timnas Indonesia dan menggeser peringkat Singapura. Kenapa misi utamanya kepingin banget melewati peringkat FIFA Singapura? Begini penjelasan dari Bung Arson.

Mungkin bagi pembaca atau penikmat sepakbola tanah air, sudah banyak yang tahu tentang tujuan dari PSSI ini, tetapi bagi kaum awam yang tidak selalu mengikuti informasi Timnas Indonesia secara detail, pasti ada yang gagal paham dengan tujuan PSSI menggelar laga FIFA Matchday ini.

Ada beberapa tipe suporter, salah satunya tipe suporter yang hanya tahu kapan Timnas Indonesia akan bertanding dan lawannya ketemu siapa. Setelah itu tipe suporter ini, melihat melalui layar kaca dan yang penting tahu hasil akhirnya, menang atau kalah.

Jadi Informasnya seperti ini, Timnas Indonesia telah berhasil lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023, keberhasilann ini didapatkan usai mengalahkan Taiwan di babak Playoff. 

Berdasarkan peringkat FIFA Timnas Indonesia masuk ke Pot 4 (pot terendah dalam undian). Jika mengacu posisi Timnas Indonesia berada di Pot 4, maka Timnas Indonesia akan berhadapan dengan lawan-lawan kuat di Pot 1, 2 dan 3.

Beruntung undian Kualifikasi Piala Asia 2023 ditunda, yang awalnya akan diundi akhir Oktober 2021, kemudian digeser ke bulan Februari 2022. Salah satu faktornya, karena saat itu angka kasus covid-19 masih tinggi. 

Sehingga AFC merubah jadwal pelaksanaan Kualifikasi Piala Asia 2023 dari sistem home-away berganti dengan sistem setengah kompetisi dan pelaksanaan lokasi pertandingan terpusat di satu negara tuan rumah.

Ketika undian digeser pada bulan Februari 2022, Timnas Indonesia masih punya kesempatan untuk memperbaiki peringkat FIFA, karena masih ada agenda Piala AFF 2020 dan FIFA Matchday Januari 2022. Timnas Indonesia betul-betul memanfaatkan dua agenda tersebut untuk memperbaiki ranking FIFA.

Tim asuhan Coach Shin Tae-yong (STY), tampil impresif selama kejuaraan AFF 2020 dengan berhasil melaju hingga babak final, sebelum dihentikan langkahnya oleh Thailand. 

Mengutip akun twitter @FootyRankings, usai gelaran Piala AFF 2020 peringkat FIFA Timnas Indonesia masih berada di Ranking ke-164 dengan jumlah poin 993,96.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan