Mohon tunggu...
Ari Sony
Ari Sony Mohon Tunggu... Administrasi - Dapat menyelesaikan sebuah tulisan memberikan kepuasan tersendiri

Senang membaca semua berita dan informasi khususnya tema olahraga

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Masa Pandemi, 67 Ribu Penonton Padati Laga Hungaria Vs Portugal, Amazing!!!

16 Juni 2021   10:01 Diperbarui: 16 Juni 2021   11:03 260 8 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Masa Pandemi, 67 Ribu Penonton Padati Laga Hungaria Vs Portugal, Amazing!!!
Suporter memadati stadion puskas arena, Budapest. (Foto: Getty Images/Alex Pantling)

Pemandangan tak biasa di laga Euro 2020 antara Hungaria Vs Portugal, dimana 67 ribu penonton memadati Stadion Puskas Arena, Budapest. Dalam 10 pertandingan awal Euro 2020 rata-rata penonton yang hadir kurang lebih hanya sekitar 25 persen dari kapasitas stadion. Jumlah fans yang hadir dalam laga tersebut bisa dipastikan memecahkan rekor penonton yang hadir ke stadion selama masa Pandemi Covid-19.

Ini menjadi sebuah kabar gembira bagi fans sepakbola atau malah bisa menjadi kabar buruk bagi warga Hungaria karena akan menjadi sebuah kluster baru? Disaat di stadion lain melakukan pembatasan jumlah penonton untuk mencegah penularan virus corona.

Keputusan yang diambil oleh pemerintah Hungaria pasti ada alasan kuat, sehingga pemerintah Hungaria berani mengambil langkah ekstrim ini. Padahal kalau merujuk dari data yang ada, lebih dari 800 ribu kasus positif ada di Hungaria, bahkan tingkat kematian mencapai sekitar 30 ribu orang. Jumlah kasus ini, menjadi salah satu kasus tertinggi di Benua Eropa.

Langkah pemerintah Hungaria dalam upaya menyukseskan penyelenggaraan Euro 2020 dengan melakukan vaksinasi secara masif kepada 5,3 juta penduduknya dari total penduduk sejumlah 9,8 juta.

Selain itu, pemerintah Hungaria mempercepat aturan lockdown, jadi fans sepakbola yang datang dari luar Hungaria dapat menikmati Euro 2020 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

Ternyata salah satu syarat dan ketentuan yang berlaku,  bagi pendukung timnas Hungaria untuk bisa datang ke stadion, syaratnya adalah fans harus sudah divaksin dengan menunjukkan kartu vaksinasi nasional, setelah itu para fans diberi gelang khusus sebagai penanda.

Sedangkan bagi pendukung tim tamu, yang hadir ke stadion harus mengikuti test PCR menjelang kick-off dan dinyatakan negatif virus Corona. Tidak hanya itu, pendukung tim tamu diwajibkan membawa bukti kartu sudah divaksin secara menyeluruh.

Peraturan ketat yang diterapkan oleh pemerintah Hungaria diharapkan tidak menimbulkan kluster baru, selama penyelenggaraan Euro 2020 di Budapest, Hungaria. Hungaria dapat membanggakan diri ke penjuru dunia, bahwa Hungaria menjadi satu-satunya tuan rumah Euro 2020 yang mendapat restu dari UEFA untuk kehadiran fans 100 persen di stadion. Namun, kehadiran fans yang memadati stadion tidak memberi pengaruh apapun untuk performa timnasnya, karena dalam pertandingan lanjutan Euro 2020 di Grup F, Portugal berhasil melibas tuan rumah dengan skor telak 3-0

Sebenarnya apa yang terjadi di Hungaria, sebenarnya sudah saya prediksi dalam tulisan saya sebelumnya di kompasiana dengan judul : Saat Sepak Bola Menemukan Tuahnya, Covid-19 Dapat Dilumpuhkan.

Sepakbola tidak boleh kalah dengan virus Corona, yang perlu kita lakukan adalah tetap melangkah mematuhi protokol kesehatan, melakukan vaksin dan tetap mengenakan masker, karena sepakbola mempunyai daya magis tersendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN