Mohon tunggu...
Sonya Angeline
Sonya Angeline Mohon Tunggu... Lainnya - a communication student

I just share what I like, hope you like it too!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Cerita Magang di Kompasiana

23 November 2020   16:37 Diperbarui: 23 November 2020   17:03 408
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Foto oleh Ken Tomita dari pexels.com

Memasuki semester 7, sudah waktunya saya mengambil mata kuliah magang. Namun, sempat menjadi hal yang cukup sulit bagi saya dan teman-teman lainnya untuk mendapatkan tempat magang di tengah pandemi ini. Sudah banyak lamaran saya kirim tapi tidak ada kabar atau terhenti hanya sampai tahap wawancara.

Syukurnya menjelang semester 7 akan dimulai, terdapat program kerja sama antara Diagram Kompas Gramedia dengan bagian Career Development Center (CDC) dari kampus saya, UMN, untuk memberikan kesempatan magang bagi mahasiswa UMN yang akan menjalani wajib magang di berbagai unit Kompas Gramedia. Saya pun juga mencoba untuk mendaftarkan diri pada program ini. 

Puji Tuhan, setelah melalui berbagai tahap, akhirnya saya mendapat kesempatan untuk melakukan kerja magang di Kompasiana sebagai Marketing Communication Intern.

Program magang ini dimulai dari 24 Agustus hingga 24 November 2020 dan dilakukan sepenuhnya secara online dari rumah. Pada 24 Agustus 2020, seluruh peserta yang lolos menjadi intern dalam Diagram Internship Program ini terlebih dahulu mengikuti onboarding session bersama Corporate Human Resource Kompas Gramedia via Zoom. Dalam sesi ini kami belajar untuk lebih mengenal Kompas Gramedia dan juga sharing banyak hal mengenai persiapan kami untuk memasuki dunia kerja.

Tiba saatnya pada tanggal 25 Agustus 2020, saya mengikuti pertemuan pertama saya bersama para pembimbing lapangan yang akan membimbing para interns di Kompasiana. Pada hari itu, saya diberikan banyak pengetahuan seputar Kompasiana dan juga deskripsi pekerjaan yang akan saya lakukan selama magang.

Dari kerja magang ini, banyak sekali pengalaman dan ilmu baru yang saya dapatkan. Saya dilibatkan untuk mengerjakan beberapa jenis pekerjaan, seperti bertanggung jawab untuk menjalankan kegiatan media partnership Kompasiana, dilibatkan untuk membuat berkas-berkas acara dari project-project yang dijalankan Kompasiana, dan saya pun juga dilatih untuk membuat report-report atas pekerjaan-pekerjaan yang saya lakukan. 

Selain itu, saya juga diberi kesempatan untuk mengerjakan beberapa desain konten untuk dipublikasikan di media sosial dan website Kompasiana sehingga saya juga bisa mengasah skill desain dan kreativitas saya.

Selain belajar mengenai pekerjaan Marketing Communication, melalui magang ini tentunya saya juga bisa mengasah kemampuan komunikasi saya untuk berkomunikasi dengan pihak eksternal dan internal Kompasiana dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan saya. 

Walaupun seluruh pekerjaan hanya bisa dilakukan secara online, namun pada akhirnya semua bisa berjalan dengan baik atas bimbingan para pembimbing lapangan, Mas Dimas, Mas Qolbi, Kak Rama, Kak Like, dan teman-teman lain di Kompasiana yang sudah bekerja sama selama 3 bulan ini.

Sekali lagi terima kasih Kompasiana atas segala ilmunya untuk saya bisa lebih siap menghadapi dunia kerja di masa yang akan datang. Sukses terus untuk Kompasiana!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun