Mohon tunggu...
Soni Herdiansyah
Soni Herdiansyah Mohon Tunggu... Tong 1000 ligir oke!

Menulis untuk pemuda dan pendidikan Indonesia jaya.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pelajar Menengah Atas di Purwakarta Antusias Ikuti "To SBMPTN Edufest 2020"

19 Januari 2020   23:39 Diperbarui: 20 Januari 2020   06:19 63 0 0 Mohon Tunggu...
Pelajar Menengah Atas di Purwakarta Antusias Ikuti "To SBMPTN Edufest 2020"
TO UTBK SBMPTN Edufest PWK 2020.

Memasuki semester 6 atau menjelang UTBK kelas 12 sekolah menengah atas (SMA/SMK/MA), di Purwakarta,  Education Festival atau EDUFEST Purwakarta kembali menyelenggarakan event pelajar terbesar tahun 2020 di Kab. Purwakarta,  Jawa Barat. Tepatnya,  pada hari Sabtu dan Minggu, 18-19 Januari 2020.

Untuk Edufest PWK 2020, saya mendaftarkan diri menjadi pengawas TO SBMPTN, karena sebelumnya pernah menjadi panitia untuk kegiatan Edufest PWK pada tahun 2019.

Acara yang berlangsung setiap tahun ini, selalu ramai dikunjungi oleh para pelajar Se-Kab. Purwakarta, khususnya pelajar SMA,  SMK,  dan MA yang akan lulus dari sekolahnya masing-masing untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Seperti biasa,  rangkaian acara Edufest PWK ini ada try Out Ujian Tulis Berbasis Komputer atau TO UTBK SAINTEK (Sains dan Teknologi)  dan SOSHUM (Sosial dan Humaniora), persiapan menjelang SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) pada hari Sabtu,  18 Januari 2020.  Tahun ini, pelaksanaan TO SBMPTN bertempat di SDN 1 Nagri Kidul dan SMPN 1 Purwakarta. SD dan SMP tersebut digunakan karena tempatnya saling berhadapan di Jl. K.K Singawinata No.114, Nagri Kidul, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. 

Ujian tulis berbasis komputer ini merupakan langkah baru dalam memanfaatkan teknologi digital, yang sebelumnya masih menggunakan kertas. Kini,  peserta tinggal mengikuti ujian ini dengan menggunakan android atau laptop masing-masing dengan mengakses website : www.lulusnegeri.com yang telah dipersiapkan oleh panitia.

Setelah memasuki web tersebut,  peserta memasukan NISE dan Password yang telah disediakan oleh panitia yang akan diberikan langsung oleh pengawas di kelas. Sebelum memulai mengisi soal, peserta to SBMPTN terlebih dahulu mengisikan data diri dan pilihan universitas impiannya beserta pilihan jurusannya.  Setelah itu,  peserta bisa mengisi soal-soal SAINTEK atau SOSHUM, tergantung pilihannya selama 180 menit. 

Peserta sedang TO UTBK SBMPTN didampingi oleh pengawas,  di SMPN 1 Purwakarta.
Peserta sedang TO UTBK SBMPTN didampingi oleh pengawas,  di SMPN 1 Purwakarta.

Dilihat,  para peserta sangat antusias mengikuti TO SBMPTN ini,  saya didampingi oleh pengawas lainnya yang berasal dari universitas yang sama yaitu universitas Pendidikan Indonesia (UPI). 

Dengan adanya TO SBMPTN ini diharapkan para siswa SMA,  SMK, dan MA Se-Kab. Purwakarta dapat lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi SBMPTN sesungguhnya. Dan mengasah kemampuan masing-masing untuk memasuki universitas atau perguruan tinggi dengan jurusan yang diinginkan. 

Setelah mengerjakan soal selama 180 menit,  pengawas akan memberikan motivasi dan sesi ngobrol santai seputar perkuliahan di perguruan tinggi.  Peserta dapat menanyakan kepada pengawas cara masuk perguruan tinggi, jurusan-jurusan (program studi), beasiswa, dan lain-lain. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x