Mohon tunggu...
sofyan hasyan
sofyan hasyan Mohon Tunggu... Editor - seorang blogger

bloger kerja lepas

Selanjutnya

Tutup

Money

7 Tips untuk Mengimpor dari China

27 September 2022   21:46 Diperbarui: 27 September 2022   21:55 69 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Mengimpor dari China atau berpikir untuk melakukannya? Baik Anda melakukannya melalui angkutan laut atau udara, ingatlah beberapa aspek penting dan sedikit pengetahuan. Kami telah membuat daftar lengkap tentang apa yang perlu Anda periksa jika Anda mempertimbangkan masalah yang sangat penting bagi keberhasilan kampanye impor China Anda  .


1)  Saat mengimpor dari China, selidiki aturan dan peraturan khusus

Saat Anda mengimpor produk tertentu, Anda harus meneliti peraturan yang harus Anda patuhi. Jumlah aturan akan bergantung pada jenis produk yang Anda impor. Ini selalu diperlukan untuk impor apa pun, tetapi dalam kasus China, Anda harus sangat jelas tentang masalah ini. Itu karena banyak pemasok China yang tidak memproduksi produk yang sesuai dengan peraturan tersebut  . Di beberapa industri, hanya sekitar lima persen pemasok ekspor China yang memenuhi standar dan peraturan Uni Eropa (UE).

Di antara produk-produk yang sangat sensitif dan tunduk pada peraturan yang lebih besar di sini -- dan yang juga merupakan impor utama dari Asia -- adalah: mainan dan produk lain untuk anak-anak; makanan dan wadah makanan; kendaraan, motor, dan komponennya; produk dan komponen listrik dan elektronik; Petir; tekstil dan alas kaki; mebel; bahan kimia; produk kosmetik dan kebersihan; bahan bangunan; dan segala jenis kemasan pada umumnya.

Peraturan umumnya berlaku untuk wilayah ekonomi yang berbeda, seperti Uni Eropa, Amerika Serikat, Australia, Kanada, dll. Namun terkadang ada juga aturan khusus di setiap negara untuk impor produk tertentu. Karena itu, kami menyarankan Anda untuk meneliti dan menentukan dengan tepat peraturan mana yang harus dipatuhi oleh produk Anda agar diizinkan masuk ke negara Anda dan tidak menimbulkan masalah di bea cukai  . Anda dapat menemukan informasi ini melalui kamar dagang dan kantor bea cukai negara Anda.


2)   Pilih pemasok Cina yang memiliki reputasi baik

Poin ini sangat penting karena berbagai alasan. Pertama, Anda harus mengetahui bahwa importir sepenuhnya dan bertanggung jawab penuh atas produk yang diimpornya  . Penyimpangan kepatuhan terhadap peraturan dan sertifikasi dapat menyebabkan masalah hukum yang serius bagi importir jika mengakibatkan penggugat karena produk tersebut merugikan konsumen.

Kedua, jika pemasok Anda tidak bereputasi baik dan mengeluarkan sertifikasi yang salah atau tidak benar, produk Anda dapat ditahan di bea cukai. Perhatikan bahwa ini sebenarnya cukup sering terjadi di Cina. Ini akan, paling tidak, membawa Anda sakit kepala logistik dan biaya tambahan (dalam hal penyimpanan dan penundaan), dan otoritas pelabuhan akhirnya bisa menyimpan barang dan benar-benar melarang mereka masuk ke negara itu.

Dalam hal ini, penting untuk tidak memercayai sembarang pemasok yang memberi tahu Anda bahwa dia mematuhi peraturan; disarankan untuk pergi dan mengenal pabrik dan produk secara langsung. Ini juga membantu untuk didampingi oleh seorang spesialis yang memahami masalah teknis yang dapat timbul sehubungan dengan produk dan spesifikasi mana yang berlaku untuk mematuhi peraturan contohnya seperti deliverinc.


3)   Menandatangani kontrak penjualan yang tegas saat mengimpor dari China

Setelah Anda benar-benar meneliti semua sertifikasi yang dibutuhkan produk Anda dan Anda telah menemukan pemasok tepercaya yang mematuhinya, sama pentingnya untuk membuat perjanjian penjualan yang mencantumkan semuanya secara mutlak. Khususnya untuk spesifikasi produk dan syarat pengembalian dan ganti rugi jika produk yang diterima tidak sesuai dengan kesepakatan. Ini akan menyelamatkan Anda dari banyak masalah dalam jangka panjang, dan merupakan titik di mana sebagian besar importir gagal: ketika mengimpor dari China, Anda tidak dapat memberikan perhatian yang cukup terhadap detail.

Dalam hal spesifikasi produk, Anda harus membuat dokumen yang merinci setiap fitur. Anda harus melakukan ini dengan cara yang tidak menyisakan ruang untuk interpretasi subjektif dan yang dapat diterima secara internasional dan dalam konteks budaya yang berbeda. Jadi jika Anda berbicara tentang warna, tentukan warna Pantone; jika Anda berbicara tentang bahan, tentukan kepadatan, komposisi, dan teksturnya.

Tidak ada aspek atau karakteristik produk Anda yang dibiarkan tidak ditentukan.  Jika Anda mengabaikan ini, pemasok akan memilih cara untuk mematuhi fitur produk, dan jelas, akan melakukannya dengan cara yang paling hemat biaya untuknya. Ini berisiko mengurangi kualitas dan dengan demikian produk akhir.

Karena itu, saran terbaik adalah menentukan SEMUANYA saat Anda mengimpor dari China: berat, variasi berat yang dapat diterima, dimensi, kemasan, warna, pencetakan, bahan, tekstur, perawatan kimia, pelabelan, logo, dan penyesuaian lainnya, teknis karakteristik komponen, dan hal lain yang dapat Anda pikirkan untuk ditentukan. Semakin spesifik Anda, semakin sedikit kejutan yang akan Anda dapatkan -- dan jika hal yang tidak terduga terjadi, akan ada kemungkinan lebih besar bahwa Anda tidak perlu membayarnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan