Mohon tunggu...
sofyan hadi
sofyan hadi Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Media

Gajian Pertama di Pekerjaan Pertama

16 Desember 2015   20:46 Diperbarui: 16 Desember 2015   20:46 159 0 0 Mohon Tunggu...

Bismillah...

Pada kesempatan ini saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman pertama saya bekerja di PT. Showa Indonesia.Perusahaan ini merupakan tempat pekerjaan pertama saya. Perusahaan ini bergerak di bidang otomotif tepatnya pembuatan Shobreaker. Perusahaan ini pun termasuk dalam perusahaan Astra Grup.

Di perusahaan ini saya bekerja sebagai seorang operator mesin di bagian Assy FF. Di sini saya memegang beberapa mesin. Mesin-mesin yang saya pegang adalah mesin finishing yakni perakitan di tahap akhr. Tentu, hal ini menjadi tantangan tersendiri karena saya dituntut untuk bekerja tanpa kesalahan sedikitpun.

Bekerja diperusahaan ini terbagi ke dalam beberapa sift, yakni sift pertama dimulai dari jam 7 pagi sampai 4 sore. Shift 2 dari jam 4 sore sampai jam 12 malam.Dan shift 3 dari jam 12 malam sampai jam 7 pagi. untuk saya pribadi, bekerja di masing-masing shift memiliki tantangan tersendiri.

Pertama, bekerja di shift 1 merupakan hal yang lumrah tentunya karena mengikuti jam kerja pada umumnya. SUka dukanya bekerja di shift ini adalah biasanya target pekerjaan lebih tinggi daripada shift lainnya. Sehingga kita dituntut untuk bekerja lebih giat dan tekun.

Kedua, bekerja di shift 2 tantangannya adalah kadang rasa malas yang begitu luar biasa karena waktu sore hari yang enaknya untuk dipakai santai malah dibuat kerja. Selain itu, pulang kerja jam 12 malam membua saya kadang kesiangan shala subuh, hiiks.. Karena terlalu cape bekerja..

Adapun tantangan shift 3 yang dimulai pada jam 12 malam dan selesai pada jam 7 pagi itu sangat banyak sekali. Dimulai dari jam kerja yang sangat tidak efektif tentunya. Kebayang ngggak sih malam-malam kerja? hehe. Orang lain pada tidur kita malah bekerja.. Namun di shift 3 saya mendapat pelaajran banyak tentang arti sebuah perjuangan mencari nafkah untuk keluarga. Sekuat apapun rintangannya kalau niatnya untuk mencari nafkah halal buat keluarga, pasti bisa melewatinya. Inspirasi ini saya dapat ketika melihat para karyawan senior yang begitu gigih bekerja pada malam hari. Apalagi ketika ada lembur yang jam kerjanya dimulaid ari jam 7 malam sampai jam 7 pagi. Sungguh luar biasa..

Namun semua perjuangan itu terbayar sudah ketka akhir bulan tiba.. Yaps, lebih tepatnya ketika menerima slip gaji, hehe.. Waktu pertama kali gajian, saya bingung kenapa slip gaji saya berbeda ya dengan contoh slip gaji yang ada dalam pikiran saya. Hmmp, ternyata slip gaji setiap perusahaan itu berbeda, hehe.

Banyak sekali suka duka yang saya alami ketika menjalani pekerjaan pertama ini. Saya tidak menyangka bisa bekerja di perusahaan otomotif yang sebesarini mengingat basic saya yang hanya seorang lulusan SMK jurusan komputer. Masih kuat diingatan saya ketika saya mendaftar bersama 1000 orang lainnya. Dan diterima hanya sekitar 40 orang. 40 orang itu saya ada didalamnya. Alhamdulillah, segala puji bagi Allah sang maha pemberi rezeki.

Mungkin, segini dulu ya cerita saya mengenai gajian pertama saya di pekerjaan pertama saya setelah lulus dari bangku sekolah. Satu pesan dari saya, apapun pekerjaanmu maka cintailah ia dengan sepenuh hati. Atau carilah pekerjaan yang engkau bisa mencintainya dengan sepenuhi hati. Akhir kata, semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih

 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x