Mohon tunggu...
Sofiyatul Adawiyah
Sofiyatul Adawiyah Mohon Tunggu... Editor - Mahasiswa Ilmu Komputer UINSU 2017

KKNDR-118

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Peran Teknologi Pembelajaran Daring Terhadap Covid-19

30 April 2020   19:14 Diperbarui: 30 April 2020   19:08 711
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Virus corona atau servere acute respiratory ayndrome coronavirus 2 (SARS-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan.penyakit karena infeksi virus ini disebut Covid-19. Virus ini pertama kali di dentifikasi di Kota Wuhan, Cina pada Desember 2019. Direktur jendral World Health Organization (WHO) menyatakan pada tanggal 30 Januari 2020 bahwa virus corona (covid-19), sebagai public – Health emergency of International concern.

            perkembangan covid-19 saat ini sudah menyebar di berbagai negara dan sudah menyebar di 190 Negara. Tingkat penyebaran dan positif covid-19 semakin meningkat sehingga banyak negara yang menggunakan teknologi untuk memitigasi dan memonitor penyebaran covid-19 di negaranya asing-masing. Untuk mengurangi penyebaran pemerintah di berbagai negara menerapkan kebijakan social distancing atau sering juga di gunakan istilah physical distancing, ya itu kebijakan non-farmasi untuk mecegah penyebaran wabah dengan cara menjaga jarak antara setiap individual dan mengurangi frekuensi pertemuan di antara mereka. Banyak negara memanfatkan teknologi untuk dapat mengetahui efektifitas kebijakan di maksud.

             Pandemi covid-19 memang menjadi efek kejut bagi kita semua dunia seolah melambat dan bahkan terhenti sejenak. Negara-negara besar dan modern terpukul dengan sebaran virus corona yang cepat, mengakibatkan ribuan korban meninggal yang tersebar di berbagai negara. Indonesia mendapat banyak tantangan dari covid-29 ini yang membuat kita semua harus bersama-sama saling menjaga.

            Ditengah pandemi covid-19 ini, sistem pendidikan harus siap melakukan lompatan untuk melakukan transformasi pembelajaran daring bagis emua siswa dan gurus semua. Kita memasuki era baru untuk membangun kretifitas, magasah skill siswa, dan meningkatka kualitas diri dengan perubahan sistem, cara pandang terhadap pola interaksi kita dengan teknologi.

Namun karena perkembangan infrastruktur teknologi komunikasi yang berbeda pada masing-masing negara, kita meyaksikan berbagai model pemanfaatan teknologi data yang menarik untuk menjadi pembelajaran.

            Indonesia punya tantangan besar dalam penangan covid-19. Dari semua aspek yang menjadi tantangan saat ini, saya konsentrasi pada aspek pendidikan. Pembelajaran online seharusnya mendorong siswa menjadi kreatif, mengakses sebanyak  mungkin ilmu penegetahuan, serta menghasilkan karya. Bukan membebani siswa dengan tugas yang menumpuk setiap hari. Banyak faktor yang menghambat pelaksanaan efektifitas pembelajaran daring, di antaranya:

            Yang Pertama, Peneguasaan teknologi yang masih rendah, harus diakui tidak semua guru menguasai teknologi terutama guru generasi 80/an yang pada masa mereka penggunaan teknologi belom begitu tanpak. Keadaan hampir sama juga dialami oleh para siswa, tidak semua siswa terbiasa menggunakan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Bahkam masih banyak sekolah yang memeiliki keterbatasan teknologi sehingga mereka harus berebutan dalam menggunakan perangkat teknologi pendukung pembelajaran dan bahkan mereka tidak dikenalkan teknologi dalam pembelajaran.

             Yang kedua, Jaringan internet, pembelajaran online tidak lepas dari penggunaan jaringan internet, penggunaan jaringan seluler terkadang-kadang tidak stabil karena letak tempat tinggal yang masih jauh dari jangkawan sinyal seluler.

             Yang Ketiga, Biaya, jaringan internet yang sangat dibutuhkan dalam pembelajaran daring menjadi masalah tersendiri. Kuota yang dibeli untuk kebutuhan internet menjadi melonjak.

              Pemebelajaran daring pada dasarnya merupakan model kegiatan belajar maupun mengajar yang dilakukan dengan menggunakan jaringan internet jarak jauh, dengan bantuan alat perantara seperti (gadget,laptop,smartphone). Untuk berhubung kedalam forum belajar engajar via daring dibutuhkan bantuan akses internet sebagai penghubung anatar perangkat yang digunakan oleh pelajar dan pengajar maupun untuk mengeksplorasi.

              Dalam hal pembelajaran perkembangan teknologi yaitu revolusi industri 4.0 maka sangat cocok disandingkan mengingat perkembangan industri ini merupakan eranya teknologi dimana semua kegiatan-kegiatan yang dilakukan sehari-hari dapat dilakukan dengan menggunakan basis teknlogi atau bisa dikatakan teknologi adalah bagian yang tidak nisa dipisahkan dari kegiatan mereka untuk melakukan apapun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun