Mohon tunggu...
Sofia Aulia
Sofia Aulia Mohon Tunggu... Mahasiswa

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Supporting Pemahaman dan Pencegahan Penularan Covid-19 Menggunakan Metode Sosialisasi Daring

6 Juli 2020   10:31 Diperbarui: 6 Juli 2020   11:48 97 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Supporting Pemahaman dan Pencegahan Penularan Covid-19 Menggunakan Metode Sosialisasi Daring
foto-pers-release-5f02a980097f360ff559b622.jpg

(KEBUMEN, Juli 2020) Tahun 2020 diawali dengan berita mengejutkan, yaitu dengan munculnya virus jenis baru yaitu virus corona. Virus corona atau virus Covid-19 ini menyerang sistem pernapasan manusia. Penularan virus corona ini sangat cepat karena mudah menyebar dari satu ke yang lainnya yang menyebabkan terjadinya pelonjakan kasus terus menerus terhitung sejak munculnya virus corona awal bulan Maret sampai bulan Juni ini di Indonesia. 

Universitas Sebelas Maret merupakan universitas yang rutin menyelenggarakan program KKN tiap periode semesternya. Program KKN UNS  pada tahun 2020 dilaksanakan dengan metode daring pada daerah  mahasiswa masing-masing yang disebut dengan KKN Covid-19. Program ini tidak menghalangi mahasiswa untuk mengabdi kepada masyarakat dan dapat diterapkan secara efektif di daerah masing-masing mahasiswa.

Sofia Aulia Mukhsin adalah salah satu mahasiswa Program Studi S1 Kimia FMIPA yang melaksanakan KKN Era Covid- 19 dimulai tanggal 15 Mei hingga 30 Juni 2020 di RT 01/RW 02, Sruweng, Kebumen. Kabupaten Kebumen merupakan salah satu Kabupaten  yang terkena dampak dari virus Covid-19 ini. Namun, tingkat pemahaman masyarakat sendiri masih sangat rendah yang ditandai dengan lalu lintas dan tempat-tempat umum di Kabupaten Kebumen masih ramai tanpa menerapkan physical distancing dan tanpa menerapkan protokol kesehatan

Rendahnya  tingkat kesadaran  masyarakat juga terjadi di Desa Sruweng RT 01 RW 02, Sruweng, Kebumen. "KKN  Covid-19 ini pelaksanaannya tetap  menerapkan protokol kesehatan, apalagi saat ini sudah memasuki era New Normal, sudah banyak warga yang harus keluar untuk melanjutkan pekerjaannya yang sempat tertunda, jadi peran kami di sini selaku mahasiswa yang sedang melakukan KKN adalah memberikan sosialisasi dan edukasi via daring maupun langsung dengan beberapa proker. Alhamdulillah mendapat respon yang baik dari warga dan warga juga antusias untuk bertanya sehingga dapat saling belajar  dalam kegiatan kegiatan KKN ini" ujar Sofia

Tema besar yang diusung adalah  supporting  pemahaman masyarakat terhadap Covid-19. Program  yang  dilaksanakan antara lain sosialisasi dan  edukasi ke masyarakat mengenai hal yang berkaitan dengan  kasus Covid 19, seperti cara cuci tangan yang baik dan benar, cara menggunakan masker, mengenali cara penyebaran dan pencegahan covid-19, memahami tentang New Normal dan lain sebagainya. Selain itu juga dilakukan pengadaan tempat cuci tangan di lingkungan RT 01/02 yang dilanjutkan dengan edukasi langkah-langkah mencuci tangan. 

Kegiatan sosialisasi ini juga dilakukan dengan membagikan leaflet kepada warga  RT 01/RW 02 yang berkaitan dengan virus Covid-19. Output  dari kegiatan KKN ini berdampak pada pola kehidupan masyarakat. Warga RT 01 RW 02,  Sruweng setidaknya telah mengetahui bagaimana pola hidup sehat di tengah pandemi ini dan telah menerapkan pola hidup sehat, seperti warga sudah mengetahui dan menerapkan langkah cuci tangan yang baik dan benar serta menggunakan masker dalam kegiatan sehari-hari, dan lain sebagainya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x