Mohon tunggu...
Sultoni
Sultoni Mohon Tunggu... Freelancer - Pengamat Politik dan Kebijakan Publik AMATIRAN yang Suka Bola dan Traveling

Menulis untuk mengasah dan melatih nalar berfikir. Menulis sebagai upaya untuk meninggalkan jejak yang positif bagi peradaban. Menulis untuk melawan lupa.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Jepang, "si Pembunuh Raksasa" di Piala Dunia 2022

4 Desember 2022   05:26 Diperbarui: 4 Desember 2022   05:58 285
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Skuad Timnas Jepang di Piala Dunia 2022 Qatar. Foto: bola.net

Julukan sebagai  "giant killer" atau "si pembunuh raksasa" sepertinya layak disematkan untuk timnas Jepang pada gelaran Piala Dunia 2022 Qatar tahun ini.

Tim besutan Hajime Moriyasu ini tampil sangat impresif disetiap pertandingan pada babak penyisihan group E Piala Dunia 2022.

Tampil di group E bersama Jerman, Spanyol dan Kosta Rika yang disebut-sebut sebagai "group neraka" pada Piala Dunia 2022 Qatar tahun ini, Jepang mampu menunjukkan tajinya sebagai tim kuda hitam dari benua Asia pada putaran babak penyisihan group E dan menjadi "neraka" bagi Jerman dan Spanyol, dua tim raksasa sepakbola di dunia.

Awalnya, tidak banyak yang menjagokan Jepang bakal mampu melenggang dari putaran fase grup. 

Bursa-bursa taruhan menempatkan Spanyol dan Jerman yang akan mewakili Grup E ke fase selanjutnya. Sedangkan Jepang sama sekali tidak diunggulkan.

Memang, jika dibandingkan dengan negara-negara lainya yang menghuni group E di Piala Dunia 2022, Jepang jelas merupakan negara underdogs yang tidak diunggulkan untuk bisa lolos dari putaran fase group E Piala Dunia 2022.

Namun kenyataannya, Jepang justru mampu membalikkan semua prediksi dan meruntuhkan logika statistik sepakbola dengan mempecundangi tim raksasa Jerman dan Spanyol dengan skor identik 2-1 untuk kemenangan Jepang.

Berbekal kemenangan atas Jerman dan Spanyol tersebut, tim Samurai Biru akhirnya mampu keluar dari lubang jarum dengan mengantongi enam poin meskipun sebelumnya sempat dikalahkan oleh Kosta Rika dengan skor 1-0 pada match day kedua.

Atas hasil membanggakan tersebut, tim asuhan Hajime Moriyasu pun melanggeng ke babak 16 besar dengan status sebagai juara group E disusul oleh Spanyol yang berada diposisi kedua pada hasil akhir klasemen babak penyisihan group E.

Raksasa sepakbola Jerman  dan Kosta Rika, harus gigit jari sekaligus menanggung malu karena tersingkir lebih awal dibabak penyisihan group E korban dari keganasan tim kuda hitam asal benua Asia, Jepang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun