Mohon tunggu...
Humaniora Pilihan

Peran Penting yang Terabai

22 April 2016   16:52 Diperbarui: 22 April 2016   17:07 90 1 0 Mohon Tunggu...

 

[caption caption="Asep Sukindar (foto : pribadi)"][/caption]Pandangan umum tentang security sering dianggap remeh, orang kecil, penjaga gedung, buka pintu melayani tamu yang keluar masuk digedung, membuka mengunci pintu ruangan, mengeluarkan memasukan barang didalam gedung yang tidak punya peran penting didalam pencapaian kinerja dalam perusahaan maupun kantor tempat bekerja.


Sosok Asep Sukindar

Sosok Asep Sukindar adalah salah satu security yang ada di kantor Kompasiana yang bertugas dipintu masuk bagian tengah yang berperawakan tegap berkulit sawo matang, lugas cara bicaranya, ramah setiap menerima tamu, disiplin yang tinggi bertanggung jawab nampak ketika diwawancara agak sulit mengingat masih dalam menjalankan tugasnya dan minta ijin pada atasannya serta selalu memberi hormat pada tamu yang berkunjung ke kompasiana.


Kang Asep sebutan yang sering disapa oleh teman dan rekan sekerjanya, pria kelahiran Sukabumi, berumur 46 tahun yang berpenampilan sederhana, sudah berkeluarga, dikarunia anak satu. Sambil memegang radio komunikas dan kartu akses yang berfungsi untuk membuka pintu akses otomatis. Dua barang tersebut yang selalu mendampingi pada setiap tugasnya dalam memperlancar pelayanan kepada tamu, komunikasi operasional dengan rekan security lainnya dan menejemen perusahaan. 


Dengan senyum keramahannya Kang Asep menceritakan pengalaman selama menjadi security pada perusahaan jasa pengamanan sebelumnya, dan sekarang bekerja di PT. Kompas Gramedia sebagai pengelolanya dan baru bekerja dua tahun ditempatkan pada kantor Kompasiana. 

Sejak bekerja di Kompasiana Kang Asep bangga dan senang bertemu dan melayani tamu-tamu dari beberapa daerah, di samping teman sekerja security kenal dengan pegawai-pegawai dari beberapa daerah. Kang Asep merasa bersyukur tugas yang dijalani selama ini berjalan dengan baik atas kerja sama antara security lainya maupun sama pegawai-pegawai yang ada di lingkungan Kompasiana.

[caption caption="Asep Sukindar bertugas (foto : pribadi)"]

[/caption]Perusahaan dan Security
Perusahan dan security adalah dua institusi yang saling membutuhkan, security merupakan mitra dari perusahaan. Peran security disuatu perusahaan sangatlah strategis dan dibutuhkan mengingat fungsinya demi kelancaran operasional dalam suatu perusahaan yang dapat mengawal bagian tugas manajemen untuk menjalanan dan menguatkan disiplin pegawai dalam anggota perusahaan itu sendiri.


Disamping menjaga keamanan dalam dan sekitar gedung/kantor, dapat menerima tugas menjaga asset perusahaan sesuai tempat dan lokasi yang dibutuhkan oleh perusahaan dan dapat menjaga keselamatan asset akibat kelalaian pegawai serta efisiensi biaya operasional mematikan peralatan listrik dan air, hal tersebut dilakukan jika aktivitas perusahaan dalam gedung sudah tutup maupun hari libur.


Security juga dapat berperan ganda sebagai front line, karena berada di pintu depan menerima tamu dengan sopan memberikan informasi dan layanan awal dari tamu yang membutuhkan, juga dapat memberi kesan positif , disamping dapat memberi rasa aman bagi pegawai dalam bekerja.

VIDEO PILIHAN