Mohon tunggu...
Siti Nurjanah
Siti Nurjanah Mohon Tunggu... Wiraswasta - Newbie Writer

Pencinta buku dan perjalanan yang sedang belajar menulis artikel.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Kenangan Liburan Ke Ujung Pulau Jawa Dengan Kereta Api

28 September 2022   22:13 Diperbarui: 29 September 2022   08:06 400 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kereta Api Indonesia (Dokumen Pribadi)

Siapa yang tidak tau transportasi Kereta Api? Tentu saja semua orang pasti tau, namun tidak semua orang sudah  merasakan naik Kereta Api. Entah itu karena akses di daerah nya yang belum ada atau memang belum memiliki kesempatan.

Transportasi umum yang satu ini memang selalu jadi incaran banyak orang. Apalagi saat momen libur panjang seperti lebaran. Terbukti tiket Kereta Api H-30 saja bisa terjual dengan cepat dalam hitungan  jam.

Sebagai orang yang lahir dan besar di Jawa Tengah, transportasi Kereta Api memang sudah tidak asing. Bahkan hampir setiap pulang kampung saya naik Kareta Api. Selain karena nyaman, jarak tempuh juga relatif lebih cepat.

Saya bersama teman tiba di Stasiun Surabaya Gubeng (Dokpri)
Saya bersama teman tiba di Stasiun Surabaya Gubeng (Dokpri)

Pada akhir tahun 2018, saya bersama 2 teman melakukan perjalanan jauh untuk pertama kali dengan Kereta Api. Tujuan utama saya adalah pergi ke Pulau Bali via jalur darat dan laut. Namun karena kebetulan satu teman saya orang Jember dan masih memiliki keluarga di Jember dan Banyuwangi jadi kita sempatkan untuk mampir kesana. Perburuan tiket kereta sudah di mulai H-30 sebelum keberangkatan.

Saat itu saya dapat tiket kereta dengan harga yang sangat murah untuk kantong Mahasiswa yaitu 104ribu dari Jakarta ke Surabaya. Meski hanya kelas ekonomi tapi kereta nya cukup nyaman. Hanya saja pundak pegel karena perjalanan jauh selama 12 jam dengan kursi tegak. tapi itu sesuai dengan harganya.

Jika mau lebih nyaman bisa menggunakan kelas Eksekutif yang pasti harganya jauh lebih mahal. Sampai Stasiun Surabaya Gubeng, saya kembali melanjutkan perjalanan ke Jember menggunakan kereta api dengan harga 35ribuan.

Sampai jember saya menginap satu malam di rumah teman dan jalan-jalan ke beberapa tempat wisata di dekat rumahnya. Salah satu wisata yang saya kunjungi adalah Pantai Tanjung Papuma.

melanjutkan perjalanan ke Banyuangi (Dokpri)
melanjutkan perjalanan ke Banyuangi (Dokpri)

Esok harinya saya kembali melanjutkan perjalanan ke Banyuwangi tentu saja dengan kereta api. Harga tiket kala itu 50ribuan dari Jember ke Banyuwangi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan