Mohon tunggu...
sniper 16
sniper 16 Mohon Tunggu... Akun Resmi Penerangan Kodim 0716/Demak

Hanya penulis jalanan

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

152 Lansia di Jatisono Demak Divaksin Dosis Kedua

21 April 2021   12:39 Diperbarui: 21 April 2021   12:47 23 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
152 Lansia di Jatisono Demak Divaksin Dosis Kedua
Dok. pribadi

Demak -- Untuk membentuk antibodi dan mutasi virus corona, sebanyak 152 Lansia warga Desa Jatisono, Kecamatan Gajah menerima suntik vaksin dosis kedua di balai desa Jatisono, Rabu (21/04/2021).

Suntik vaksin yang dilakukan tim Puskesmas Gajah 1 ini mendapat pendampingan dari Babinsa Koramil 07/Gajah Kodim 0716/Demak Sertu Hartono, Kades Jatisono H. Purnomo dan Bhabinkamtibmas Brigadir Suharso.

Kepala Puskesmas Gajah 1, dr. Lufi Hakim yang hadir secara langsung dalam proses vaksinasi ini menyampaikan, suntik vaksin dosis kedua mulai dilaksanakan kepada Lansia di wilayah Kecamatan Gajah, salah satunya di Desa Jatisono.

Setelah penerima vaksin di tahap pertama pada dua minggu lalu, dimana tubuh sedang perjalanan untuk membangun kekebalan dari virus corona, vaksin kedua diberikan untuk mendapatkan perlindungan yang lengkap untuk melawan virus corona yang masuk ke tubuh.

"Wajar, kalau penerima vaksin merasa khawatir saat akan mendapatkan dosis kedua. Terlebih jika pada suntikan pertama lalu, mereka mengalami sederet efek samping, walau tergolong ringan," ujarnya.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
Dirinya menjelaskan, penyuntikan dosis kedua harus dilakukan tepat waktu, agar meminimalisir infeksi tanpa gejala atau asimptomatik yang memungkinkan munculnya varian Covid-19 yang mengalami mutasi yang lebih resisten terhadap antibodi yang baru terbentuk.

"Oleh karenanya, kita lakukan vaksinasi dosis kedua ini sesuai jadwal yang ada. Semoga setelah mendapatkan dosis kedua ini, dapat mengurangi resiko penyebaran Covid-19," terang Lutfi.

Sementara itu, Babinsa Sertu Hartono mengajak seluruh warga penerima vaksin untuk tidak takut menerima vaksin dosis kedua. Vaksin yang disuntikkan sudah terbukti aman, halal dan aman.

Selain itu, Hartono juga menghimbau, selain sudah menerima vaksin Covid-19, juga tetap harus mematuhi protokol kesehatan yang ada. Karena di beberapa tempat, penerima vaksin masih bisa terkonfirmasi Covid-19.

"Tetap patuhi protokol kesehatan dimanapun berada. Semoga vaksinasi ini berjalan dengan aman dan lancar," tegas Babinsa Desa Jatisono ini.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x