Siti Nur Asiyah
Siti Nur Asiyah Mahasiswa

Just dream and belive, you will make it come true

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Sudah Sehatkah Jiwa Anda? Anda Harus Mampu Melewati 4B Jika Anda Benar-benar Sehat!

13 Februari 2018   21:15 Diperbarui: 14 Februari 2018   09:48 447 5 2
Sudah Sehatkah Jiwa Anda? Anda Harus Mampu Melewati 4B Jika Anda Benar-benar Sehat!
pixabay.com

Hay, bagaimana kabar anda sekarang? Apakah anda sehat? Sehat jasmani maupun rohani? Apakah kejiwaan anda stabil? Atau malah sebaliknya? Semoga tidak dan dengan membaca artikel ini, anda dapat menjalani hidup dengan lebih baik dari sebelumnya. Aamiin.

Ilmu yang mempelajari tentang kejiwaan adalah psikologi. Secara harafiah psikologi diartikan sebagal ilmu jiwa. Psikologi berasal dari kata dalam bahasa Yunani Psychology yang merupakan gabungan dan kata psyche dan logos.

Psyche berarti jiwa dan logos berarti ilmu.Istilah psyche atau jiwa masih sulit didefinisikan karena jiwa itu merupakan objek yang bersifat abstrak, sulit dilihat wujudnya, meskipun tidak dapat dimungkiri keberadaannya. Dalam beberapa dasawarsa ini istilah jiwa sudah jarang dipakai dan diganti dengan istilah psikis. (https://belajarpsikologi.com/pengertian-psikologi/)

Naah, karena itu jika jiwa anda benar-benar sehat, seharusnya anda mampu melewati 4B tanda kesehatan jiwa menurut ilmu psikologi ini. Berikut uraiannya:

1.BELAJAR

Belajar merupakan salah satu tanda kesehatan jiwa anda. Belajar yang dimaksud bukanlah belajar yang hanya pergi ke sekolah lalu pulang. Tidak. Maksud saya adalah kemampuan anda dalam fokus saat belajar. Belajar juga tidak hanya di sekolah saja, namun bisa dimana saja. Dimanapun anda mempelajari hal baru disanalah anda belajar. susdahkah anda fokus saat belajar?

2.BEKERJA

Bekerja juga termasuk salah satu dari 4B tadi. Jiwa yang sehat adalah jiwa yang kuat,  jiwa yang mampu bekerja dengan baik, menenpatkan segala sesuatu pada tempatnya, melakukan apa yang seharusnya dilakukan dan amanah.

3.BERMAIN

Tanda jiwa anda sehat selanjutnya adalah bermain. Yah, bermain memang sangat penting untuk jiwa anda. Bermain berguna sebagai refres otak anda. Jika ada manusia yang selalu belajar dan bekerja tanpa adanya bermain, tentu saja manusia itu akan depresi atau akan stres. Bayangkan saja jika otaknya hanya dipakai untuk bekerja tanpa refresing. Bagaimana jadinya?

4.BERCINTA

Dan yang terakhir adalah bercinta. Yeye, anda jangan hanya menyempitkan arti kata bercinta. Bercinta bukan hanya masalah cinta kepada pasangan hidup. Namun, bercinta yang dimaksud adalah ramah, mudah tersenyum kepada orang lain, memaafkan kesalahan orang lain, simpati dan empati kepada orang lain dll. Jadi jangan berfikir cinta hanya boleh ke pasangan atau teman hidup saja. Kita juga harus cinta kepada keluarga-keluarga kita, teman-teman kita dll.

keempat tanda ini harus mampu dilewati dengan seimbang. Jika seimbang, maka jiwa anda dinyatakan sehat. 

Jika berat sebelah, maka seimbangkanlah :)

hidup akan terasa lebih mudah dilalui jika jiwa kita sehat dan kuat!

sekian artikel dari saya, semoga setelah mambaca artikel saya ini anda dapat melewati hari-hari anda dengan lebih baik. aamiin <3 semoga bermanfaat