Edukasi

Jenis-Jenis Komunikasi

9 November 2018   17:30 Diperbarui: 9 November 2018   17:37 46 0 0

Motivasi Hidup - Komunikasi merupakan proses penyampaian informasi dari 1 pihak ke  pihak berikutnya atau bisa disebut dari speaker sampai ke  listener/audience. Di dunia ini setiap saat kita selalu berkomunikasi  baik disadari maupun tidak. Pada saat anda sedang membaca tulisan ini  berarti anda sedang berperan sebagai audience, dan saya berlaku sebagai  pemberi informasi, mari belajar jenis-jenis komunikasi lebih lanjut.

Saat ini kita akan belajar untuk mengerti jenis-jenis komunikasi berdasarkan berbagai faktor.

  1. Berdasarkan  jumlah audience, dapat kita bagi menjadi 2 yaitu Intrapersonal yaitu  komunikasi dengan 1 orang. Komunikasi ini adalah komunikasi yang paling  sering kita lakukan sehari-hari namun paling jarang dipelajari karena  dianggap sesuatu yang biasa padahal masih banyak hal-hal yang akan  membuat sebuah komunikasi jauh lebih efektif. Kedua adalah komunikasi  antara 1 orang kepada 2 atau lebih orang yang biasa disebut Public  speaking. Sekarang ini banyak sekali kursus-kursus yang berfokus pada  bicara didepan umum. Berbagai macam teknik untuk berbicara di depan umum  patut kita pelajari.
  2. Berdasarkan  medianya dibagi menjadi 2 yaitu offline cetak seperti majalah, koran,  dan berbagai bentuk printing. Juga media online yang sekarang lebih  popular seperti blog, fb, ig, dan lain sebagainya.
  3. Berdasarkan  cara penyampaiannya ada 2 yaitu : Verbal melalui ucapan dan kata-kata.  Non verbal adalah dengan menggunakan tulisan, gambar, dan atau Bahasa  tubuh, karena inilah pencapaian sukses anda.