Mohon tunggu...
Smartfm Banjarmasin
Smartfm Banjarmasin Mohon Tunggu...

101.1 FM -The Spirit of Indonesia Check these out : Facebook : Smartfm Banjarmasin Twitter : @SmartFM_Bjm Youtube : Smartfm Banjarmasin Link Youtube goo.gl/bXtwuV

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Gerhana Bulan Terlama Selama Abad Ini

25 Juli 2018   13:20 Diperbarui: 25 Juli 2018   14:02 407 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gerhana Bulan Terlama Selama Abad Ini
Saat observasi gerhana matahari di Kabupaten Tabalong| Dokumentasi pribadi

Kota Banjarmasin dan sekitarnya akan kembali dilintasi gerhana bulan total pada 28 Juli 2018, sekitar pukul 3 lewat 30 menit dini hari.  Fenomena alam kali ini dinilai cukup istimewa, karena merupakan fase gerhana bulan terpanjang selama abad ini, yakni berlangsung sekitar 4 jam. 

Dijelaskan Akhmad Syaikhu -- Dosen Ilmu Falak UIN Antasari Banjarmasin, fase gerhana bulan terpanjang yang terjadi pada sabtu dini hari mendatang dianggap istimewa, karena baru akan kembali terjadi dalam 100 tahun kedepan. 

Dimana untuk fase gerhana bulan penumbranya saja, atau peristiwa ketika bulan masuk ke bayang -- bayang penumbra bumi akan memakan waktu hampir 2 jam. Kemudian memasuki fase gerhana bulan total, yang diperkirakan terjadi selama 2 jam lewat 24 menit. 

Sementara itu, puncak gerhana bulan total diprediksi akan terjadi pukul 4 lewat 21 menit dini hari, dan berakhir pada pukul 5 lewat 13 menit. Selain seluruh wilayah Indonesia, fenomena alam kali ini juga dapat dilihat dibeberapa benua lainnya, yakni wilayah Asia, Afrika, Eropa, Australia dan Amerika bagian Selatan.

Sebelumnya, gerhana bulan total juga pernah melintas di wilayah Banjarmasin pada Januari lalu, namun hanya berlangsung sekitar 2 jam. Observasi juga akan kembali dilakukan oleh Mahasiswa Fakultas Syariah -- UIN Antasari Banjarmasin, di Siring Patung Bekantan.(Ju)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x