Mohon tunggu...
Supartono JW
Supartono JW Mohon Tunggu... Pengamat

Niat berbagi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Pak Lurah, Pak RW, Pak RT, Ingatkan Warga, Hari Pahlawan Pasang Bendera Merah Putih dan Hening Cipta Serentak

9 November 2019   09:53 Diperbarui: 9 November 2019   10:02 0 1 0 Mohon Tunggu...
Pak Lurah, Pak RW, Pak RT, Ingatkan Warga, Hari Pahlawan Pasang Bendera Merah Putih dan Hening Cipta Serentak
Sumber: Tribunnews.com

Apa makna Hari Pahlawan untuk saya, kamu, Anda, kita, mereka? Mengapa Hari Pahlawan diperingati? Apa ada pedoman atau peraturan peringatan Hari Pahlawan dari pemerintah?

Esok adalah peringatan Hari Pahlawan ke-74. Bagaimana kira-kira kondisi masyarakat Indonesia dalam menyambut Hari Pahlawan? 

Apakah adem ayem, sekadar melewati hari dengan acara formalitas saja? Atau mengikuti aturan peringatan yang ditetapkan pemerintah? 

Berbagai hari-hari besar yang telah ditetapkan pemerintah untuk memeringati setiap momentum peristiwa  yang terjadi, tak terkecuali Hari Pahlawan, seiring waktu semakin kurang terasa geregetmya. 

Di mana masalah dan persoalannya mengapa gereget peringatan hari-hari besar tak mengakar kuat di masyarakat? 

Bila di sekolah/institusi/instansi pemerintah, cukup mudah untuk menggerakkan dan membuat acara peringatan menjadi gereget karena ada peraturan yang mengikat. 

Namun, di masyarakat umum, semakin dirasakan semakin tipis geregetmya karena kurangnya perangkat camat/desa/kelurahan/rukun warga/rukun tetangga hingga masing-masing individu rakyat menginformasikan hingga menyelenggarakan acara-acara hari besar  Indonesia. 

Bahkan, satu-satunya hari besar yang nyata dirayakan oleh seluruh rakyat Indonesia hingga ke seluruh pelosok rukun tetangga saja, bapak/ibu RT-nya banyak yang masih terlupa mengingatkan warga untuk wajib memasang Bendera Merah Putih di depan rumahnya. 

Khusus untuk peringatan Hari Pahlawan esok pagi. Apakah seluruh rakyat Indonesia mengetahui acara resmi Hari Pahlawan pada Minggu, 10 November 2019 yang diinstruksikan oleh pemerintah? 

Dilansir dari laman resmi kemsos.go.id, pemerintah memiliki agenda peringatan Hari Pahlawan yang sewajibnya dipatuhi oleh segenap rakyat Indonesia, di antaranya ada: Kegiatan di Pusat, meliputi 

a. Kegiatan Utama -   Penganugerahan Gelar Pahlawan -   Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata tanggal 10 November 2019, pukul 08.00 WIB. -  Upacara Tabur Bunga di Laut tanggal 10 November 2019, pukul 08.00 WIB. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2