Mohon tunggu...
Nur Yati
Nur Yati Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Masa Depan Bangsa Indonesia sebagai Persatuan Bangsa dalam Multilisme

13 Mei 2019   14:33 Diperbarui: 13 Mei 2019   14:40 0 0 0 Mohon Tunggu...

Sejak dulu bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang memiliki multicultural dalam manca negara. Indonesia memiliki bahasa yang beragam dan memiliki ciri khas tersendiri dari pada negara-negara lain. Bangsa Indonesia memiliki banyak beragam budaya yang ada setiap suku dan ras didalam bangsa Indonesia. Dalam kemajuan bangsa Indonesia sesuai dengan masyarakatnya yang mampu membawa negara maju apa berkembang karena kekayaan Indonesia sangat banyak, disini bangsa Indonesia memiliki kesempatan besar menjadi negara maju pada saat nanti.

Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional tidak dapat dilepaskan dari masyarakat Indonesia. Masyarakat Indonesia pada umumnya adalah masyarakat bilingualism, bangsa Indonesia memiliki bahasa daerah. Dengan demikian, situasi kebahasaan diindonesia sangat kompleks karena bahasa Indonesia dan 700-an bahasa daerah yang digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan yang dijunjung oleh setiap bangsa Indonesia. Hal ini tercermin dari ikrar ketiga sumpah pemuda 1928 yang berbunyi" kami putradan putri Indonesia menjunjung bangsa persatuan, bahasa Indonesia". Bahas merupakan bahasa negara adalah selain sebagai bahasa persatuan (bahasa nasional), bahasa Indonesia sebagai bahasa satu-satunya bahasa resmi secara nasional dalam negara Indonesia. Hal ini sesuai dengan undang-undang 1945 pasal 36.

Bangsa Indonesia digunakan sebagai sarana dalam bermasyarakat pada pancasila ke3 yang berbunyi" persatuan indonesia", dari sini kita bisa mengambil pelajaran bahwa Indonesia memiliki banyak kebudayaan dan beda bahasa tapi bangsa Indonesia menjadi satu menjadi bangsa Indonesia yang memiliki kekuatan yang utama. Sebagai bangsa Indonesia memiliki kekuatan jika masyarakatnya adil dan kuat dalam menjadi satu meskipun bebeda tapi masih di satukan dengan pancasila atau memiliki lambing burung garuda.

Bangsa Indonesia menguasai dalam bidang budaya, ilmu dan teknologi dalam perkembangan kedepan. Kebudayaan, ilmu dan teknologi berkembang sejalan dengan perkembangan zaman, dalam kebudayaan, ilmu dan teknologi membuat bangsa Indonesia juga berkembang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Dimana bangsa Indonesia itu maju sesuai asas demokrasi yang di buat oleh negara Indonesia.

Masa depan bangsa Indonesia di tangan pemudanya bagaimana pemudanya membawa negara Indonesia menjadi maju jika pemuda tidak mau memperjuangkan masa depan bangsa itu sendiri. Optimistis gerakan dan kraktivitas pemuda mampu membawa bangsa Indonesia berkompetisi dan memenangankan persaingan atar negara itu hal yang luar biasa pencapaianya untuk masa depan bangsa Indonesia. Kualitas anak bangsa harus diasah sejak dini guna merengkuh cita-cita bangsa yang lebih baik kedepannya.

Karakter para pemuda adalah jaminan masa depan bangsa, pemuda yang sangat berkembang dimasa sekarang sangat di berpengaruhi oleh teknologi yang semakin canggih dan saat ini juga lngkungan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan pemuda. Diera saat ini banyak pemuda yang salah mengartikan teknologi. Teknologi makin canggih membuat dunia semakin maju termasuk Indonesia.

Pemuda memberikan kontribusi yang besar bagi bangsa Indonesia bahkan prisiden soekarno sudah sejak dulu mengakui kemampuan pemuda dalam membangun bangsa. Dalam salah satu pidatonya soekarno pernah berkata" berikan aku 1.000 orang tua, nicaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 10 pemuda nicaya akan kugoncangkan dunia". Dari pidato yang disampaikan soekarno kita dapat pelajari bahwa Indonesia memerupak pemuda yang mau dan berperan penting bagi kemajuan bangsa Indonesia karena pemuda memiliki semangat berbangsa dan bernegara sangat kuat di bandingkan orang tua.

Pembangunan dan peningkatan kualitas pemuda Indonesia harus menjadi prioritas pemerintahan yang pertama dalam mengupayakan bangsa ini kedepannya. Peningkatan kualitas pemuda harus dilakukan dari berbagai sisi baik dari pendidikan,keterampilan, maupun karakter pemudanya. Kita harus lebih memandang luas bahwa pemuda bisa melakukan apa saja yang menurutnya menguntungkan dirinya sendiri, sehingga kita sebagai negara memiliki peraturan-peraturan yang harus di telapkan agar memiliki kebatasan dalam melakukan tindakan yang melanggar dari norma-norma yang berlaku.

Pemuda tidak hanya ditempatkan sebagai penerima manfaat dari suatu pembangunan, tetapi juga harus terlibat sebagai pengendali dalam proses pengambilankeputusan yang akan berpengaruh bagi pengembangan bangsa Indonesia yang kelak akan dipimpin para pemuda yang saat ini menjadi warna negara Indonesia. Sebagai pemuda kita agen perubahan dalam suatu negara jadi pemuda memberikan peran yang luar biasa terhadap pembangunan dan masa depan bangsa ke depannya.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x