Mohon tunggu...
Pesta Ferdinan Sitohang
Pesta Ferdinan Sitohang Mohon Tunggu... Administrasi - hanya rakyat biasa

masih muda

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Bunga dan Kehidupan

28 Desember 2019   18:47 Diperbarui: 28 Desember 2019   18:47 38 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bunga dan Kehidupan
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Bunga berkembang diawali dari benih yang bertumbuh menjadi tanaman. Tanaman yang pada akhirnya berkembang menghasilkan bunga yang indah, wangi dengan berbagai tipe dan variasi, sebelum pada akhirnya layu dan kembali ke tanah menjadi terurai dan menjadi pupuk bagi sekitarnya.

Apakah hubungannya dengan KEHIDUPAN?

Kehidupan itu hampir sama dengan siklus bunga. Manusia lahir ke dunia di berbagai tipe keluarga, bertumbuh dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya, mulai dari keluarga, tempat tinggal, tetangga, negara, suku, agama, era/masa. Bertumbuh dan berkembang dengan beragam kendala dan tantangan, ada yang bertumbuh dewasa, bekerja dan menjadi orang yang berguna bagi keluarga, negara dan bangsa dan agama. Ada juga yang kebalikannya. Semua mekar dan bertumbuh sesuai dengan bagaimana dia ditempa. Hingga pada akhirnya semua akan kembali ke sang pencipta.

Hidup itu singkat dan tidak lama, maka dari itu setiap individu menentukan sendiri akan menjadi bunga yang seperti apa, wangi atau tidak, indah atau tidak, berguna atau tidak?

Apapun itu bunga dan kehidupan tidak dapat dipisahkan karena kehidupan itu indah seperti indahnya warna warni bunga serta wangi seperti wanginya bunga mawar, namun memiliki jalan Panjang yang penuh rintangan untuk menjadi berguna bagi semesta.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan