Mohon tunggu...
Siti Rokhanah
Siti Rokhanah Mohon Tunggu... -

Siti Rokhanah. 17 tahun. Program Studi Ilmu Komunikasi. FISIP. Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. 2013.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Apa Itu Komunikasi?

2 Mei 2014   09:52 Diperbarui: 26 Oktober 2020   13:02 5053 0 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber: shutterstock

Apa itu komunikasi?

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh seorang pengirim pesan atau yang disebut sebagai komunikator kepada penerima pesan/sasaran yang disebut sebagai komunikan baik secara langsung melalui lisan maupun secara tidak langsung dengan menggunakan media.

Yang bertujuan untuk mempengaruhi pemikiran orang lain, mengubah sikap, dan mempengaruhi orang lain untuk melakukan sesuatu.

Komunikasi juga dapat disebut sebagai proses pertukaran pesan antara dua orang atau lebih, baik secara langsung maupun melalui media.

Media komunikasi dapat berupa media cetak (koran, majalah, pamflet, banner, dll) dan media elektronik (radio, televisi, internet).

Bagaimana proses komunikasi itu berlangsung?

Seperti yang saya paparkan diatas bahwa komunikasi adalah proses pertukaran pesan, di mana ketika seseorang hendak mengutarakan suatu hal yang ada di benaknya kepada orang lain.

Sebenarnya telah terjadi komunikasi intrapersonal, yaitu komunikasi dengan diri sendiri yang dapat berupa suatu penilaian/evaluasi terhadap suatu hal yang hendak disampaikannya tersebut (baik-buruk(etika), dampak, serta feedback yang akan diterima).

Komunikasi intrapersonal cenderung terjadi secara berulang-ulang, berbeda dengan bentuk komunikasi lainnya baik komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi organisasi, komunikasi publik/retorika, komunikasi massa, maupun komunikasi lintas budaya.

Proses berlangsungnya komunikasi pada beberapa bentuk komunikasi tersebut pada dasarnya adalah sama, yaitu segala tahapan komunikasi mulai dari menciptakan informasi sampai dengan informasi tersebut dapat dipahami oleh komunikan.

Apabila komunikan dapat memahami pesan yang disampaikan oleh komunikator dengan baik maka komunikasi tersebut dapat dikatakan sebagai komunikasi yang efektif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan