Mohon tunggu...
siti rohmatul waliyah
siti rohmatul waliyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

My nickname is lia, i'm 24 years old. I was born in cimahi in 2000. I like art, especially dancing and singing.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Sinar Cimahi

16 Mei 2024   11:45 Diperbarui: 16 Mei 2024   11:53 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengertian kualitas

Kualitas yaitu satu diantara syarat yang menimbulkan keingginan pembelian dari pelanggan. Produk dinilai berkualitas apabila produk itu bisa mencukupi kehendak dari konsumen (Susanti, 2017).

Jenis kualitas

Menurut Supriyono, pada umumnya terdapat 2 jenis kualitas yang diakui (Wijaya, 2011), yaitu : 

Kualitas rancangan (quality of design)

Spesifikasi produk memengaruhi kualitas desain. Dengan kata lain, fungsi produk tidak berubah; satu-satunya perbedaan adalah dalam desain produk. Suatu produk dianggap berkualitas desain tinggi jika memenuhi semua persyaratan fisik atau kinerja yang berlaku. Target pasar yang akan dimasuki organisasi dipilih berdasarkan kualitas desain. Jika pasar telah mengambil keputusan, maka kualitaslah yang akan memenangkan persaingan. Tingkat keseragaman menjadi penting pada titik ini.


Kualitas kesesuaian (quality of conformance)

Sejauh mana suatu produk memenuhi kriteria atau spesifikasi yang berbeda dikenal sebagai kualitas kesesuaian. Ketika suatu produk tidak menyimpang dari spesifikasi yang telah ditetapkan dan dapat memuaskan keinginan pelanggan, maka dianggap memiliki kualitas kesesuaian. Ini memastikan bahwa pelanggan senang dengan produk yang mereka terima. Biaya total yang rendah adalah hasil dari kualitas kesesuaian yang tinggi karena tidak ada lagi biaya yang terkait dengan penggantian barang yang rusak atau rusak. Karena itu, manajemen harus mempertimbangkan tingkat kepatuhan secara serius saat merencanakan dan mengawasi proyek.

Pengertian produk

Produk menurut Kotler dan Amstrong (2005:274) adalah : “A product as anything that can be offered to a market for attention, acquisition, use or consumption and that might satisfy a want or need”. Artinya produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli, dipergunakan dan yang dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan konsumen.

Jenis produk

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun