Mohon tunggu...
Siti RiskaNurjanah
Siti RiskaNurjanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Biologi Education'19

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Tematik UPI 2022: Sosialisasi Hidroponik sebagai Strategi Pemberantasan Kemiskinan di RT 02 RW 06 Kelurahan Isola

17 Agustus 2022   01:00 Diperbarui: 17 Agustus 2022   01:06 95 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kuliah Kerja Nyata atau yang sering dikenal dengan sebutan KKN merupakan satu proram yang wajib diikuti oleh mahasiswa yang menempuh pendidikan S1.  Pada pelaksanaannya para mahasiswa akan terjun ke masyarakat. Para mahasiswa melalui program KKN akan mewujudkan aktivitas Tridharma Perguruan Tinggi yang pada prakteknya mereka akan memotivasi masyarakat ke arah peningkatan berswadaya, gotong royong, self planning, self action,  dan self evaluation dalam upaya pembangunan masyarakat.

Dokumen Pribadi,2022
Dokumen Pribadi,2022
Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dalam beberapa terakhir telah mengembangkan kegiatan KKN Tematik. Dimana program KKN Tematik ini merupakan program unggulan dari pusat pemberdayaan masyarakat, kewirausahaan, dan pengembangan KKN LPPM UPI. Pada tahun ini Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UPI telah mengusung tema "pemberdayaan masyarakat berbasis SDG's desa dan MBKM".

Dokumen Pribadi, 2022
Dokumen Pribadi, 2022

Pada pelaksanaan KKN Tematik tahun ini tiap kelompok mendapatkan tema yang berbeda antar satu kelompok dengan lainnya. Sesuai dengan tema yang diusung oleh LPPM UPI kelompok 12 KKN Tematik UPI yang dibimbing oleh Dr. Ir. Dadang Lukman Hakim, MT. mendapatkan tema "Desa Tanpa Kemiskinan". Dengan tema yang telah kami dapatkan kami mengadakan 3 program kerja yang berkaitan dengan tema yang kami dapatkan. Program kerja tersebut terdiri dari pembagian sembako, mentoring untuk anak SD mengenai cita-cita dan moral, dan sosialisasi hidroponik. Keseluruhan kegiatan ini dilaksanakan tanggal 29-31 Juli 2022.

Dokumen Pribadi,2022
Dokumen Pribadi,2022
Dokumen Pribadi, 2022
Dokumen Pribadi, 2022


Untuk meningkatkan swadaya masyarakat setempat kami mengadakan kepelatihan hidroponik pada tanggal 31 Juli 2022. Kegiatan ini bertempat di salah satu tanah kosong di gg. Cempaka RT 02 RW 06 Kelurahan Isola. Sosialisasi ini dimulai pada pukul 10.00 dan menargetkan ibu-ibu sebagai pesertanya. Kegiatan dilaksanakan dengan memberikan pengetahuan dasar tentang hidroponik. Dimana hidroponik ini adalah salah satu cara budidaya tumbuhan tanpa tanah dan menggunakan air sebagai pengganti media tumbuhnya. Kami menjelaskan tentang manfaat dari budidaya hidroponik ini salah satunya adalah bisa dilakukan tanpa lahan yang luas hal ini sesuai dengan keadaan lingkungan kosong di gg. Cempaka RT 02 RW 06 Kelurahan Isola yang padat penduduk. Selain itu juga dijelaskan tentang contoh tanaman yang umum dibudidayakan dengan cara hidroponik seperti selada, pakcoy, kangkung, bayam, dan masih banyak lagi.

Dokumen Pribadi,2022
Dokumen Pribadi,2022

Dokumen Pribadi, 2022
Dokumen Pribadi, 2022


Setelah kami menjelaskan tentang pengetahuan dasar hidroponik, kegiatan dilanjutkan dengan demonstrasi dari anggota kelompok 12 KKN Tematik UPI. Demonstrasi tersebut terdiri dari 3 bagian, pertama adalah demonstrasi cara menyemai benih, kedua adalah cara membuat nutrisi untuk budidaya hidroponik, dan yang ketiga adalah demonstrasi pindah tanam dari benih yang sudah siap untuk dipindah tanam, disini kami menyediakan contoh benih tanaman yang sudah siap dipindah tanam. Benih ini kami siapkan 1 minggu sebelum kegiatan, hal ini supaya ibu-ibu memiliki gambaran mengenai benih yang siap dipindah tanam. Setelah memberikan demonstrasi, kami mempersilahkan ibu-ibu untuk mempraktekkan budidaya hidroponik mulai dari penyemaian hingga pindah tanam. Kami juga menjelaskan tentang tata cara merawat tanaman hidroponik. Kegiatan diakhiri dengan pemberian doorprize kepada ibu-ibu yang aktif dalam mengikuti kegiatan sosialisasi hidroponik ini.

Dokumen Pribadi,2022
Dokumen Pribadi,2022

Dokumen Pribadi,2022
Dokumen Pribadi,2022

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan