Mohon tunggu...
Siti nurlailatul
Siti nurlailatul Mohon Tunggu... IAIN jember

Semua butuh waktu dan proses

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Pengertian Aliran Progresivisme dan Tokoh Filsufnya

29 Mei 2020   17:31 Diperbarui: 29 Mei 2020   17:29 5 0 0 Mohon Tunggu...

1. Pengertian Aliran Progresivisme

Progresivisme merupakan gerak pendidikan yang utamakan penyelenggaraan pendidikan di sekolahan pada anak.  Aliran ini salah satu aliran yang berkembang sangat pesat pada mula abad ke-20 dan juga sangat pengaruh dalam pembaruan pengetahuan yang di dorong aliran lainnya. 

Aliran inj juga memandang hidup manusia supaya berkembang terus di dalam suatu arah positif. Aliran progresivisme dalam pandangnya selalu berhubung dengan pengertian liberal sebagai fleksibel. 

3. Tokoh Filsafat Progresivisme

a. William James

Tokoh ini lahir di new york tanggal 11-04-1842 dan meninggal tanggal 26-08-1910 di choruroa, di new hemshire. Dia juga mengembangkan ide-idenya dengan cepat menjadi ilmu klasik. Maka dari itu hal inilah yang menjadikan william james ini terkenal menjadi ahli filsafat pragmatisme dan empirisme. 

b. John Dewey

Tokoh ini lahir di tanggal 20-10-1859 di burlington, vermon, dan wafat tanggal 1-01-1952 di new york. Ide filsafat utamanya tertuju pada problema pengetahuan yang konkrit baik dalam teori ataupun praktik. 

c. Hans Vaihinger

Tokoh ini berpendapat bahwa "tahu" itu hanya berarti praktis. Sedangkan penyesuaian dengan obyek tidak akan mungkin dibuktikan, salah satunya ukuran bagi pemikir adalah guna untuk memengaruhi kejadian dunia. Pengertian itu semata-mata berguna untuk dunia, boleh dianggap benar, asalkan orang mengetahui saja bahwa kebenaran gidak lain, kecuali kesalahan yang berguna. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x