Mohon tunggu...
Siti Nazarotin
Siti Nazarotin Mohon Tunggu... Guru - Dinas di UPT SD Negeri Kuningan Blitar

Tebarkan manfaat lewat kata-kata. Akun Youtube: https://youtube.com/channel/UCKxiYi5o-gFyq-XmHx3DTbQ

Selanjutnya

Tutup

Segar Pilihan

Buka Puasa dengan Sajian yang Manis dan Hangat? Bubur Tape Singkong Gula Merah Saja

16 April 2022   21:17 Diperbarui: 16 April 2022   21:44 3720
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bubur Tape Singkong Gula Merah Siram Santan | Foto: Siti Nazarotin

Tape, kembali saya berkreasi di dapur kesayangan dengan bahan yang terbuat dari singkong ini. Entah mengapa saat saya berada di pasar dalam rangka membeli bahan makanan sebagai persiapan buka puasa, mata saya tetiba melihat tape singkong yang dibungkus plastik, terlihat jelas dan menggoda.

Mengeksplor Tape Singkong Menjadi Sajian Baru yang Enak dan Legit

Meskipun saya tidak suka banget dengan tape, namun bukan berarti saya anti pada tape. Sesekali saya membelinya, biasanya untuk suami. Tapi satu atau dua buah tape kekadang juga saya comot untuk saya nikmati.

Kalau kebetulan bahan tapenya bagus, ---- singkong pilihan, ---- maka hasil tapenya juga bagus dan manis. Indikasi tape yang enak tampilannya kesat dan rasanya manis. Tidak lembek dan kecut.

Selain singkongnya pilihan, ditentukan pula dari cara pemberian raginya. Singkong yang sudah dikukus harus benar-benar dingin, baru ditaburi ragi sampai merata. Raginyapun harus benar-benar ragi yang baru.

Bila sudah berhasil mendapatkan tape singkong yang enak, maka tinggal diolah menjadi sajian yang menarik. Kalau beberapa hari yang lalu saya membagikan resep Tape Singkong Panggang, kali ini masih dengan bahan tape singkong, saya akan membagikan resep baru kepada anda. Sebagaimana tertera pada judul, tape singkong saya eksplor menjadi bubur yang enak dan legit.

Anda penasaran bagaimana cara bikin bubur dari tape singkong? Yuk, ikuti penjelasannya.

Resep Bubur Tape Singkong Gula Merah Siram Santan

Bahan:
200 gram tape singkong
2 sdm tepung beras dicairkan dengan sedikit air (2 sdm)
1 sachet SKM
100 gram gula merah disisir
1 sdm gula pasir
300 ml air

Kuah:
200 santan
1/4 sdt garam halus
Daun pandan secukupnya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Segar Selengkapnya
Lihat Segar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun