Mohon tunggu...
Siti Nazarotin
Siti Nazarotin Mohon Tunggu... Guru - Guru SDN Gogodeso 01 Blitar

Tebarkan manfaat lewat kata-kata. Akun Youtube: https://youtube.com/channel/UCKxiYi5o-gFyq-XmHx3DTbQ

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Kreasi Olahan Berbahan Dasar Kembang Kol

8 November 2021   19:11 Diperbarui: 9 November 2021   06:13 289 30 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pepes Kembang Kol, yummy. Foto: Siti Nazarotin

Saat membuka WAG paguyuban kelas II, selintas saya lihat foto  tumpukan kembang kol layaknya baru dipanen. Foto itu dikirim oleh salah satu wali murid. Di bawah foto diberi caption, "Numpang lapak, monggo ibu-ibu, siapa yang mau order kembang kol Harganya 5 ribu saja sudah dapat 1 kilo kembang kol."

Pesta Kembang Kol

Duh, kayaknya petani kembang kol sedang panen dan lagi-lagi harga sayuran jeblok. Biasanya saya beli kembang kol untuk ditumis dicampur aneka sayuran lainnya, paling-paling hanya 250 gram. Karena harga kembang kol pada saat normal cukuplah mahal.

Lha sekarang, sekilo kembang kol cukup merogoh kocek 5000 rupiah saja. Bagaimana saya nggak tertarik untuk pesan pada wali murid itu? Itung-itung juga untuk membantunya. Bahkan saya malah bikin status untuk ikut mempromosikan. Tak ayal, hari-hari ini banyak yang memasak olahan berbahan dasar kembang kol. Pesta kembang kol.

Tanpa mencari keuntungan, Alhamdulillah saya berhasil memasarkan kembang kol tersebut hingga terjual 11 kilogram. Membantu orang tidaklah harus berupa uang dan harta. Membantu apapun yang bisa membuat orang tersebut senang, ketika melihat orang lain senang, maka hati kita akan merasakan kebahagiaan. 

Kreasi Mengolah Kembang Kol

Kembang kol. Siapa sih yang nggak kenal dengan sayuran yang satu ini? Tentu semua sudah tahu dan sangat mengenal tentangnya. Sekaligus berbagai resep berbahan dasar kembang kol.

Mulai dari tumis kembang kol, kembang kol goreng krispi, capjai, sup kembang kol, nugget kembang kol dan aneka resep lainnya. Semua sudah tak asing lagi. Banyak food blogger yang menuturkan resepnya. Pun video cara memasak brokoli bertebaran.

Saya maunya memasak kembang kol dengan cara yang belum banyak dipraktikkan oleh orang lain. Terutama oleh saya sendiri. Agar apa? Agar menarik dan bikin penasaran. Akhirnya semakin banyak yang membaca artikel kita. Syukur-syukur banyak yang suka dan mencoba resepnya. 

Akhirnya saya menemukan ide untuk mengkreasikan bahan kembang kol ini menjadi resep Pepes. Ya, Pepes Kembang Kol. Agar tidak melulu berisi kembamg kol saja, maka saya sertakan beberapa campuran. 

Pepes Kembang Kol ini pertama kalinya saya praktikkan. Biasanya cara membuat pepes, bumbunya ditumis dengan minyak. Namun untuk kali ini, resep Pepes Kembang Kol sengaja tidak menggunakan minyak sama sekali. Itung-itung resep ini bisa dimasukkan topik pilihan yang sudah ditentukan oleh admin Kompasiana, bagaimana memasak tanpa menggunakan minyak. 

Jadi, sila diikuti tuturan resep berikut ini ya.

Resep Pepes Kembang Kol

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan