Mohon tunggu...
Siti Nazarotin
Siti Nazarotin Mohon Tunggu... Guru

Dunia jadi indah karena kata-kata, maka rangkailah kata sebaik dan sejujur mungkin

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Menekuni Hobby Niscaya Akan Mendapatkan Banyak Manfaat

6 Juni 2020   17:08 Diperbarui: 6 Juni 2020   18:24 61 23 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menekuni Hobby Niscaya Akan Mendapatkan Banyak Manfaat
Vanda Mimi Palmeri | dok. Yulida Ulifah

Menekuni hobby adalah salah satu solusi untuk mengisi waktu saat harus Stay at home. Hobby apapun itu kalau kita tekuni dan geluti niscaya akan membuahkan hasil. Bicara hasil tidak harus berupa materi namun lebih dari itu.

Banyak orang mempunyai hobby yang terkadang tidak bisa tersalurkan dengan baik gegara kesibukan kerja. Pekerjaan yang sering menyita waktu hingga tak jarang sampai lembur hingga kebersamaan dengan keluarga diundur.

Stay at home tak disia-siakan oleh ibu yang satu ini. Disela-sela bekerja dari rumah, ia manfaatkan untuk lebih intensif mencurahkan perhatian dan waktunya untuk hobby-nya yang telah ditekuni selama 9 tahun silam.

Yulida Ulifah, nama ibu yang saya sebut ini mempunyai hobby menanam Bunga Anggrek. Di akun Face book, Instagram serta status WAG nya sering mengunggah foto bersama dengan Anggreknya.

Jenis Anggrek miliknya

Catleya | dok. Yulida Ulifah
Catleya | dok. Yulida Ulifah

Tak sedikit koleksinya, ada beberapa jenis Anggrek yang ia pelihara. Menurut pengakuannya berikut ini jenis Anggrek yang ia miliki:

1. Dendrobium, ada beberapa macam
2. Vanda, ada beberapa macam.
3. Catlya, ada 3 macam
4. Cymbidium
5. Oncidium
6. Bulan (phalaenopsis),
7. Gegantea
8. Anggrek tanah : doglas, kalajengking , dll

Wah, banyak juga koleksinya ya. Jadi pingin berkunjung ke rumahnya deh. Eit tunggu sampai Corona lenyap dulu ya. O iya, Ibu Yulida tinggal di kota Mojokerto, terletak di wilayah Provinsi Jawa Timur.

Cara mendapatkan Anggrek.

Yulida Ulifah berprofesi sebagai guru di salah satu madrasah ibtidaiyah/setingkat SD yang berada di kota Mojokerto. Di sela-sela kesibukan mengajarnya, jauh sebelum Pandemi Corona hinggap di negeri kita tercinta ini, ia selalu menyempatkan diri untuk merawat koleksi Anggreknya dengan telaten.

Dari sekian banyak Anggrek koleksinya tersebut ada yang didapatkan dari membeli di kios-kios Anggrek yang ada di kota Mojokerto. Beberapa ada yang didapatkan dari barter dengan sesama pecinta Anggrek, beberapa lagi pemberian dari teman dan famili.

Jenis Anggrek yang mudah perawatannya.

Vanda Mokara | dok. Yulida Ulifah
Vanda Mokara | dok. Yulida Ulifah

Menurut Yulida Ulifah,  merawat Anggrek itu gampang-gampang susah. Namun ada beberapa jenis Anggrek yang terbilang mudah perawatannya yaitu, Dendrodium dan Vanda.Jenis Anggrek Dendrodium ini rajin berbunga dan mudah berkembang biak.

Jenis Anggrek Vanda juga demikian, rajin berbunga dan bunganya awet sampai 1 bulan lebih belum layu.

Jenis Anggrek yang sulit perawatannya.

Gegantea | bukalapak.com
Gegantea | bukalapak.com

Masih menurut Yulida Ulifah, jenis Anggrek yang sulit perawatannya adalah Gegantea. Karena Anggrek jenis ini tidak boleh terlalu sering disiram dan tidak boleh terkena sinar matahari langsung. Hampir 8 tahun dipelihara, Gegantea miliknya sampai sekarang belum berbunga. Wah, saking sulitnya atau belum tahu rahasianya ya.

Jenis Anggrek menurut harganya

Jenis Anggrek yang murah adalah jenis Dendrodium. Mungkin karena perawatannya yang mudah, gampang hidup inilah yang menyebabkan harganya murah. Meskipun demikian Dendrodium tetap saja menjadi bagian dari Anggrek yang sangat dikagumi masyarakat.

Sedangkan jenis Anggrek yang mahal adalah jenis Vanda. Meskipun tergolong jenis Anggrek yang mudah dirawat ternyata Vanda mempunyai harga jual yang tinggi, hal ini disebabkan karena Vanda mengeluarkan aroma yang harum banget.

Di samping dilihat dari jenisnya, harga Anggrek ditentukan pula dari ukuran dan kondisinya saat kita beli, Anggrek yang berukuran kecil tentunya lebih murah dibanding yang berukuran besar. Anggrek yang belum berbunga akan lebih murah dibanding yang sudah berbunga.

Manfaat memelihara Anggrek.

Ada beberapa manfaat memelihara tanaman Anggrek, namun di bawah ini saya sebutkan 4 saja ya. (faktualnews.com)

1. Sebagai penghilang stress

Keindahan dan aroma bunga Anggrek dipercaya bisa menimbulkan efek relaksasi serta bisa menumbuhkan ketenangan bagi punya bahkan bagi yang berada di dekatnya.

2. Dapat digunakan sebagai tonik panjang umur

Manfaat bunga Anggrek terutama jenis Dendrodium dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit, sehingga dengan sembuhnya dari beberapa jenis penyakit secara otomatis badan semakin sehat dan panjang umur.

Dijadikan sebagai ramua herbal, Anggrek mempunyai khasiat menyembuhkan beberapa penyakit antara lain, melembabkan kulit, mengatasi dehidrasi, mengobati penyakit tuberkulosis, perut kembung, keringat malam dan demam.

Selain itu juga dapat membantu meningkatkan fungsi paru-paru, ginjal, dan perut, dapat mengatasi gangguan sakit perut, kram, serta muntah-muntah, dapat mengobati gangguan seksual seperti impotensi, dapat mengobati rasa nyeri pada kaki dan tangan, sakit pinggang, dapat  meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat membantu tubuh dalam melawan terjadinya infeksi. Dan masih banyak lagi manfaat bagi kesehatan lainnya.

3. Dapat menghilangkan polusi serta racun di udara

Dengan memelihara bunga anggrek sebagai tanaman hias di rumah, hal ini dipercaya dapat menghilangkan polusi serta efek racun yang terbawa oleh udara. Sehingga menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman.

4. Mencegah terjadinya penuaan dini

Ekstrak minyak dari bunga anggrek dapat membantu meremajakan kulit serta membuat kulit terasa lebih kencang, yang pada akhirnya hal ini dapat membantu seseorang untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

Terlepas dari itu semua, Bunga Anggrek sejak lama memang sudah menjadi salah satu bunga favorit dan banyak digemari oleh masyarakat. Karena  memiliki keindahan dan aroma yang wangi serta bunganya tergolong awet berhari-hari bahkan ada yang sampai satu bulan tetap memancarkan keindahannya.

Jadi, siapapun orangnya, apapun hobby-nya mari kita tekuni dengan sungguh-sungguh. Niscaya akan mendatangkan manfaat bagi kita dan orang lain.

Termasuk hobby menulis atau yang lainnya. Karena kalau tidak kita tekuni, mustahil akan mendapatkan manfaat.

Demikian artikel saya tentang Hobby merawat bunga Anggrek dari seorang sahabat saya Yulida Ulifah, semoga bermanfaat.

Siti Nazarotin
Blitar, 6 Juni 2020

VIDEO PILIHAN