Mohon tunggu...
MUNAWAROHSITINAIMATUL191000
MUNAWAROHSITINAIMATUL191000 Mohon Tunggu... mahasiswa unpam

@sitinaimatul80

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Narkoba Pengkhianat Bangsa dan Generasi Muda

12 April 2021   23:00 Diperbarui: 12 April 2021   23:05 82 0 0 Mohon Tunggu...

NARKOBA adalah singkatan dari narkotika,psikotropika, dan obat terlarang. Istilah lainnya adalah NAPZA yang merupakan singkatan dari narkotika,psikotorpika, dan zat adiktif. Semua istilah ini, bak "narkoba" atau "napza",mengacu pada kelompok senyawa yang umumnya memiliki resiko kecanduan atau ketagihan pada pegunanya. Menurut para pakar kesehatan narkoba sebenarnya adalah senyawa-senyawa psikotropikayang biasanya di pakai untuk membius pasien ketika akan di operasi dan sebagai obat pada penyakit tertentu. Namun saat ini persepsi itu disalahartikan akibat pemakaian di luar peruntukan dan dosis yang semestinya .

Yang termasuk jenis narkotika adalah :

  • Tanaman papaver ,opium mentah, opium masak (candu,jicing,jicingko),opium obat,morfia,kokaina,ekgonina,tanaman ganja,damar ganja,dan masih banyak lagi.

Hingga saat ini penyevaran penyalahgunaan narkoba hamper tidak  bias di cegah. Karena, hamper seluruh orang di dunia ini dapat dengan mudah mendapat narkoba dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu pastinya membuat para orang tu, organisasi masyarakat,dan pemerintah kawatir.

Segala upaya dalam pemberantasan narkobapun sudah dilakukan,namun masih sedikit kemungkinan untuk menghindarkan narkoba dari kalangan remaja maupun dewasa, bahkan anak SD dan SMP pun banyak yang terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba.

Narkoba menjadi salah satu alat yang digunakan oleh kalangan muda sebgai obat penenang depresi yang mungkin saja karena memiliki banyak masalah atau penyimpangan ,kenakalan ,kurangny aperhatian dari orang tua mereka, maka dari itu mereka mengunakan narkoba tersebut.

Narkoba adalah pengkianat bagi bangsa dan generasi muda. Dimana narkoba adalah perusak diri yang apabila salah dalam pemanfaatannya,penyalahgunaan,dan berlebihan dosis dalam pemakaiannya. Banyak terjadi di kalangan anak muda yang sudah terbukti menggunakan narkoba , dan mengalami ketergantungan pada obat-obatan terlarang tersebut,menjadikan rusak saraf mereka sehingga kurang focus dalam belajar ,dan tidak focus dalam pekerjaan. Jelas pasti narkoba adalah pengkianat ,perusak bagi siapapun yang memakainya dengan dosis yang berlebihan dan tidak sesuai dengan anjuran dokter.

Maka dari itu kita sebagai generasi muda harus lebih hati-hati ,dan selalu waspada apabila ada orang asing atau bahkan orang terdekat kita yang menawarkan sesuatu yang mencurigkan, seperti contohnya menawarkan obat penenang ,atau obat-obatan terlarang apapuun itu, jangan pernah mau walaupun diberikan dengan percuma tanpa syarat apapun. Hindari narkoba jauhi obat-obatan terlarang yang dapat merusak generasi muda dan bangsa.

VIDEO PILIHAN