Mohon tunggu...
Siti Musriyatul Ilmiyah
Siti Musriyatul Ilmiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hai !

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Menambahkan Kualitas Pendidikan Pasca Pandemi Melalui Bimbingan Belajar

10 Agustus 2022   14:18 Diperbarui: 10 Agustus 2022   15:25 101 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan merupakan salah satu tempat terpenting dalam proses perkembangan seseorang, terutama sejak anak usia dini. Selain agama, pendidikan juga harus di tanamkan pada seseorang mulai dari usia dini. 

Selain tempat terpenting, Pendidikan merupakan hak dari setiap anak yang sudah tercantum dalam UUD Tahun 1945 tentang Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. 

Pendidikan sendiri merupakan tempat yang dilihat sebagai suatu pencetak sumber daya manusia yang memiliki mutu tinggi. Proses perubahan seseoran dalam berpola berfikir atau ber tingkah laku dapat di dapatkan melalui pendidikan. 

Namun, dalam menjalankan menjalankan proses dari Pendidikan banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan dari seserorang, salah satunya dukungan antar orang tua dan anak, hubungan antar guru dengan peserta didik, rasa aman peserta didik, kematangan dalam Pendidikan, motivasi seseorang dalam berpendidikan, dan sikap yang baik dalam berkomunikasi antar perserta didik dengan guru, ataupun sebaliknya.

Dua tahun terakhir Indonesia mengalami wabah Corona Virus Disease (Covid-19) yang merupakan salah satu virus yang menyerang tubuh manusia pada bagian pernapasan. Virus ini dengan mudah dapat menyebar pada system pernapasan manusia melalui udara. 

Dampak yang terjadi setelah adanya Covid-19 ini, pemerintah mengeluarkan kebijakan terkait pembatasan social pada seluruh masyarakat di Indonesia, agar mengurangi penyebaran virus Covid-19 ini. 

Namun, setelah adanaya pembatasan kegiatan dalam bermasyarakat, mengakibatkan banyak sektor yang terdampak, salah satunya pada bidang Pendidikan. Pendidikan di Indonesia yang selama ini dilakukan secara tatap muka, dengan adanya kebijakan tersebut, mau tidak mau Pendidikan di Indonesia dilakukan secara tidak tatap muka, atau online. 

Pendidikan tersebut dapat di lakukan melalui beberapa platfrom pendukung Pendidikan seperti Google Meet, Zoom Meeting, WhatsApps Group, Youtube, PowerPoint, dan lain sebagainya.

Pelaksanaan kegiatan belajar ini bertujuan untuk memaksimalkan belajar siswa selain disekolah. Kegiatan bimbingan belajar ditujukan untuk siswa dari jenjang Sekolah Dasar Sampai Sekolah Menengah Pertama. Kegiatan bimbingan belajar ini mengambil strategi dengan menarik anak-anak untuk mengikuti bimbingan belajar secara gratis. 

Anak-anak di bagi kelompok sesuai kelas masing-masing. Antusias anak-anak untuk mengikuti bimbingan belajar sangatlah tinggi. 

Namun, setalah melakukan 1 kali pertemuan, ternyata banyak dari sebagaian anak-anak yang tidak bisa paham dengan materi yang apa seharusnya sudah di pahami. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan