Mohon tunggu...
Siti Fatimah
Siti Fatimah Mohon Tunggu... Guru - SDN Grogol Selatan 01

Seorang guru SD di sebuah sekolah negeri di DKI Jakarta. Saat ini sedang memulai belajar menulis. Saya mempunyai seorang anak yang sangat senang ketika dibacakan cerita. Akan sangat bangga apabila bisa membacakan cerita dalam buku karangan sendiri kepada ananda tercinta. Semoga mimpi itu bisa terwujud.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Lagu Wajib Nasional, Nasibmu Kini

12 September 2022   18:49 Diperbarui: 12 September 2022   18:56 477 6 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber: nasional.sindonews.com

Lagu Wajib Nasional, Nasibmu Kini

Hari ini hari Senin, seperti biasa di sekolah dilaksanakan kegiatan upacara bendera. Petugas paduan suara sudah berbaris di tempatnya untuk melaksanakan tugasnya mengiringi pengibaran bendera dengan menyayikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan menyanyikan lagu Mengheningkan Cipta. 

Begitu juga petugas lain, sudah bersiap di tempat nya masing-masing. Urutan demi urutan tata upacara telah dilaksanakan dengan penuh khidmat. Di akhir urutan tata upacara, seluruh siswa diajak menyanyikan lagu nasional.

Saat dirigen mengajak seluruh peserta upacara menyanyikan lagu "Maju Tak Gentar", ternyata tak seluruh siswa bisa mengikuti lagu tersebut. Ya, kini memang banyak generasi muda yang tidak hafal bahkan tidak mengenal lagu-lagu nasional. Mereka justru lebih kenal dan hafal dengan lagu-lagu tiktok. Hal ini sangat disayangkan, karena melalui lagu-lagu wajib nasional dapat meningkatkan rasa nasionalisme kita.

Seperti dilansir dalam sindonews.com, musisi ternama, Adi MS, sangat menyayangkan anak muda yang kerap ditemuinya tidak mengenal lagu-lagu wajib nasional Indonesia. 

Kondisi ini sangat terkait dengan kemajuan teknologi dan khususnya bagi anak usia SD sangat terkait dengan pandemi covid-19 kemarin, yang mengubah pembelajaran ke arah daring. 

Selama pembelajaran daring tentu anak-anak sangat jarang mendengar lagu-lagu wajib nasional. Mereka mungkin lebih banyak mendengarkan lagu-lagu pop atau lagu tiktok yang bernuansa cinta.

Maka saat ini, belum terlambat bagi kita untuk kembali mengenalkan dan menggaungkan lagu-lagu nasional bagi anak-anak kita. Sebagai guru kita dapat mengajak siswa untuk menyanyikan lagu-lagu wajib nasional sebelum memulai pembelajaran atau saat hendak mengakhiri pembelajaran. 

Selain itu sebelum jam masuk pagi atau saat jam istirahat kita juga bisa menyetel lagu-lagu wajib nasional melalui speaker sekolah agar lagu-lagu tersebut selalu terngiang di telinga siswa.

Masih dalam laman yang sama, Adi MS menyatakan bahwa musik dan lagu-lagu wajib nasional bisa membangkitkan semangat kebangsaan,  keberanian, patriotisme, dan nasionalisme. Sehingga sangat penting bagi anak-anak kita untuk tidak sekedar mengenal atau menghafal, tetapi juga menghayati makna yang terkandung dalam setiap lirik lagu tersebut. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan