Mohon tunggu...
Siti Maysyaroh
Siti Maysyaroh Mohon Tunggu... Mahasiswi

KKN TIM I Tahun 2020/2021 Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro DPL : Ir. Sutrisno, M.P.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Cegah Covid-19, Mahasiswi UNDIP Memberikan Edukasi Penggunaan Masker yang Efektif

15 Februari 2021   10:00 Diperbarui: 15 Februari 2021   10:12 29 1 0 Mohon Tunggu...

Pandemi corona belum berakhir.  Pemerintah gencar mensosialisasikan Gerakan 3 M di masa adaptasi kebiasaan baru. Gerakan 3 M tersebut meliputi memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Gerakan ini merupakan salah satu upaya pencegahan untuk memutus rantai penularan COVID-19 di Indonesia. 

Penggunaan masker pada saat pandemi COVID-19 merupakan hal yang wajib dipakai terutama ketika bepergian keluar rumah. Masker menjadi hal yang esensial karena mampu menangkal virus ataupun bakteri yang akan masuk ke mulut ataupun hidung seseorang. Hal ini sesuai dengan salah satu gerakan yang kini menjadi fokus pemerintah dan gencar disosialisasikan kepada masyarakat yakni gerakan memakai masker.  Memakai masker sangat penting sebagai upaya mencegah terjadinya penularan COVID-19, terutama ketika berada di kerumunan atau berdekatan seperti di pasar, stasiun, transportasi umum (misalnya bus) dan tempat-tempat umum lainnya. 

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
Penelitian ilmiah membuktikan, memakai masker bermanfaat sangat besar untuk mencegah penularan virus corona. Mengenakan masker ternyata tidak hanya melindungi pemakainya dan orang di sekitarnya dari ancaman Covid-19, tetapi masyarakat secara luas. Artinya, penyebaran virus ini dapat dikendalikan ketika semua orang benar-benar konsisten untuk memakai masker saat sedang berpergian. Namun, masih banyak masyarakat sekitar yang masih belum menerapkan protokol kesehatan, walaupun sudah dibagikan 5000 masker oleh pihak kelurahan masih banyak masyarakat yang belum menggunakan masker secara efektif.  

Adanya peran dari tokoh masyarakat juga mempengaruhi ketaatan masyarakat dalam gerakan penggunaan masker. Karena,tokoh masyarakat memegang peran penting dalam mengajak dan menjaga masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dalam aktifitas sehari-hari. Para tokoh masyarakat ini adalah ujung tombak, kedisiplinan serta kepatuhan mereka dalam menerapkan protokol kesehatan menjadi suatu contoh panutan bagi para pengikutnya. 

Dengan mensosialisasikan protokol kesehatan dengan fokus memberikan edukasi penggunaan masker secara efektif kepada masyarakat diharapkan membuat masyarakat mematuhi anjuran protokol kesehatan yang dicanangkan oleh Pemerintah serta merta membantu Pemerintah untuk memutus mata rantai virus Covid-19 ini. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x