Mohon tunggu...
siti luthfiyatin
siti luthfiyatin Mohon Tunggu... Mahasiswa Iain Jember

Kaya hidup yang sesungguhnya saat kamu tidak pernah lepas mengucap syukur atas nikmat hari ini

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pengaruh Motivasi Mengajar Guru dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa

26 Maret 2020   10:13 Diperbarui: 10 April 2020   21:40 48 0 1 Mohon Tunggu...

Sekolah merupakan suatu lembaga pendidikan formal yang mempunyai tanggung jawab untuk terus mendidik siswanya selain itu juga Guru disini sebagai pembimbing yang dapat mengarahkan siswa dan memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mencapai hasil yang optimal. guru dalam proses belajar mengajar harus memiliki pengaruh motivasi tersendiri karena guna mencapai yang dicita" kan dalam melaksanakan pendidikan pada umumnya dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan sumber daya belajar peserta didik..Guru merupakan komponen manusia yang harus di bina dan dikembangkan secara terus menerus..

namun pengembangan proses guru juga ini dilaksanakan melalui program pendidikan yang terlatih dengan baik..jadi seorang guru potensi sumber daya guru itu perlu di kembangkan agar dapat melalukan fungsinya secara potensial. Begitu juga dengan kegiatan belajar mengajar diarahkan agar aktivitas berada pada pihak anak didik dan merupakan proses atau langkah untuk belajar mengajar.  

Peran guru juga sebagai membimbing anak didiknya atau mengarahkan dan memberi motivasi untuk mencapai hasil yang optimal. Didalam hal ini juga harus diketahui oleh seorang guru tentang proses belajar dan itu banyak hal yang harus diketahui oleh seorang guru mulai dari bagaimana dengan mempersiapkan sesuatu yang harus diajarkan, bagaimana dengan mengajarkan dan juga bagiamana cara mengevaluasi hasil belajar anak tersebut. 

Jadi adanya motivasi itu juga perlu karna motivasi mengajar adalah untuk menggerakan kemauan mengajar guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswanya. Begitu pula adanya motivasi guru adalah untuk perangsang atau mendorong bagi para guru untuk menyampaikan pengetahuan pada peserta didik. Jadi pengaruh motivasi sangatlah penting bagi seorang pendidik karena motivasi merupakan suatu pendorong belajar bagi peserta didik.

VIDEO PILIHAN