Mohon tunggu...
SITI KHOFIFAH
SITI KHOFIFAH Mohon Tunggu... Guru - GURU BIOLOGI SMA NEGERI 1 SIDAYU

Saya seorang pendidik mapel biologi di SMAN 1 Sidayu dengan Jabatan Guru Madya IVb dengan tambahan tugas staf kurikulum. Hobbi saya menulis dengan beberapa karya yang sudah saya hasilkan berupa : 3 buku pengayaan non fiksi dan Karya penelitian berupa PTK, Best Praktik dan Karya Penelitian pengembangan. Dengan konten Youtube permata khofifah channel yang salah satunya berisi media pembelajaran dan kegiatan pendidikan. Saya ingin menjadi anggota kompasianer yang bisa menulis dengan KONTEN: pendidikan dan pembelajaran

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Dwimingguan Modul 1.2 Siti Khofifah

24 September 2022   00:43 Diperbarui: 24 September 2022   00:49 69 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

PENULIS :SITI KHOFIFAH

TERBIT :24 SEPTEMBER 2022

               Setelah pembelajaran modul 1.2 dengan alur MERRDEKA mulai tgl  12-24 September 2022,  dengan rincian kegiatan sebagai berikut:. Mulai dari Diri & Eksplorasi Konsep -- Mandiri : 12 September 2022, Eksplorasi Konsep -- Forum Diskusi : 13-14 September 2022,, Ruang Kolaborasi: 15 -16 September 2022, 22, Demonstrasi Kontekstual :19 September 2022,Demonstrasi KontekstuaL: 20 September 2022, Elaborasi Pemahaman /Koneksi Antar Materi*): 21-22 September 2022,  berakhir  Aksi Nyata: 23 September 2022, Pendampingan Individu, : 19-23 September 2022, Lokakarya 1: 24 September 2022, Jurnal Refleksi Dwimingguan 24 September 2022. dari kegiatan modul ini, Saya akhirnya memahami bahwa pembelajaran harus dilakukan sesuai dasar pendidikan meliputi: berpihak pada murid, memberikan tuntunan, sesuai kodrat alam dan zaman, menumbuhkan budi pekerti, anak itu bukan tabula rasa. Dengan dasar pendidikan KHD yang sudah saya pahami maka saya harus memiliki kompetensi terkait nilai-nilai guru penggerak meliputi berpihak pada murid, mandiri, inovatif, kolaboratif dan reflektif sehingga saya bisa melakukan peran dan tanggung jawab saya sebagai  pemimpin pembelajaran dan pada akhirnya terwujudlah profil Pelajat Pancasila pada peserta didik kita 

               Perasaan saya saat momen itu terjadi  pada tahap Mulai diri  dan eksplorasi konsep, saya merasa mendapat siraman rohani ilmu baru terkait kompetensi paedagogik dalam  peristiwa kejadian yang sampai hari ini saya ingat.dan juga dalam fenomena gunung es .Saya semakin memahami bahwa pengalaman pembelajaran yang berpihak pada murid jika diberikan  akan menjadi pengalaman yang bermakna dan akan bisa diingat selamanya. Saya juga sangat termotivasi untuk mengenal dan mengetahui karakter peserta didik, lalu akan menumbuhkan karakter-karakter baik yang masih tersembunyi. Pembelajaran yang bermanfaat bagi saya sebagai pendidik  juga terjadi pada alur Elaborasi pemahaman dengan instruktur bapak Nanang Purwito dan fasilitator ibu Winaryati terkait pembelajaran berpihak pada murid dan penumbuhan karakter. Sebelum momen tersebut terjadi saya berpikir bahwa karakter anak tidak bisa dibentuk, jika karakter jelek ya jelek. Pengalaman Pembelajaran yang diikuti peserta didik sifatnya hanya sesaat sesuai jenjangnya, pengalamn di SMP akan terlupa saat nanti di SMA dan di perguruan tinggi. Setelah moment itu,  sekarang saya berpikir bahwa karakter bisa dibentuk dan bisa ditumbuhkembangkan lewat pembelajaran yang bermakna bagi peserta didik dan akan selalu diingat dalam perjalanan hidupnya 

             Setelah melakukan pembelajaran modul 1.2 ini, target saya berikutnya adalah saya akan melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada murid dengan menyediakan suasana belajar  & proses pembelajaran yang positif serta berkualitas.. Sebagai pendidik saya berusaha untuk belajar sepanjang hayat, mandiri & termotivasi mengembangkan diri dengan bukti mau belajar mandiri dalam melaksanakan tanggung jawab, Sebagai pendidik, saya akan berusaha senantiasa memaknai pengalaman diri secara positif-apresiatif- dan produktif. Dengan melakukan refleksi pembelajaran atau kegiatan yang saya lakukan, Sudahkah mencapai target pencapaian baik kompetensi pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang mewujudkan profil pelajar pada peserta didik. Sebagai pendidik saya membangun kolaborasi dengan peserta didik di kelas dengan kerja kelompok, diskusi kelompok dan praktek kelompok 

           Setelah pembelajaran modul 1.2 ini, saya akhirnnya mampu melaksanakan pembelajaran berpihak pada murid, antara lain  menjadi fasilitator & motivator terkait pengetahuan, ketrampilan yang harus dimiliki sesuai kodrat alam & zaman, konstektual terkait permasalahan di sekitar sebagai sumber belajar. ruang belajar kondusif, ada interaksi aktif, diskusi  dan umpan balik, bebas beride, gagasan dan berkarya,  memanfaatkan IT, E-modul, youtube saya, GC, GD. Kemandirian saya juga meningkat,  mau belajar mandiri terkait tanggung jawab : staf kurikulum, ketua P5, ketua program prestasi siswa, ikut pelatihan, diklat, workshop,seminar tanpa nunggu ditugasi, menghasilkan karya artikel, jurnal, buku pengayaan, buku pedoman guru, dan melatih jiwa kompetisi dengan ikut even lomba, demi mewujudkan  pembelajaran berpihak pada murid. Saya juga mampu merefleksi, mengevaluasi kelebihan, kekurangan dengan bertanya kepada murid. lalu membuat rencana tindakan, pelaksanaan tindakan perbaikan dengan karya  PTK. Mampu berkolaborasi dengan teman sejawat di dalam & diluar sekolah tekait pelaksanaan P5, pembinaan prestasi peserta didik.   MGMP Biologi sekabupaten Gresik dan Stockholder sekolah.,  saya juga mampu  berinovasi membuat ide, gagasan segar dan tepat guna pada saat era pandemi Covid dengan menjadi fasilitator materi penggunaan aplikasi Webex bagi teman sejawat dan peserta didik di sekolah supaya bisa melakukan tatap muka maya, melakukan discovery learning, PJBL, PBL dan blended learning, mampu pertemuan  daring terkait pelaksanaan program MGMP biologi di era pandemi covid-19 serta membuat video pendalaman materi yang bisa dilakukan kapan saja, dimana saja dan dengan siapa saja , supaya mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan