Mohon tunggu...
Siti Febriana Mardiyanti
Siti Febriana Mardiyanti Mohon Tunggu... Mahasiswi

Mahasiswa IAIN Jember Berusaha menjadi yang lebih baik kembali ūüźľ

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Pengertian Filsafat Pendidikan Realisme dan Tokoh-tokoh Filsafat Pendidikan

9 April 2020   09:19 Diperbarui: 9 April 2020   09:29 15 0 0 Mohon Tunggu...

- Filsafat pendidikan realisme, adalah sebuah reaksi terhadap keabstrakan. Realisme adalah suatu aliran filsafat yang sangat luas melalui meterialisme, realisme juga berpandangan bahwa objek-objek indera adalah riil dan berada pada sendirinya tanpa bersandar terhadap pengetahuan lainnya.

 Realisme dapat mendefinisikan dirinya sebagai aliran filsafat pendidikan tertentu, realiatas juga dapat diketahui melalui akal pikiran manusia. 

- Tokoh-tokoh filsafat pendidikan realisme 

1. Aristoteles

Dengan melalui kecerdasannya yang luar biasa, ia menguasai berbagai ilmu yang berkembang pada masanya. Aristoteles juga termasuk tokoh filsuf yang sangat luar biasa. Pandangannya lebih realis dari pada pandangan plato yang didasarkan pada yang abstrak.

2. Johan Amos Comenius  

Juga mempunyai pendapat bahwa manusia harus bisa mencapai keselamatan dan kehidupan serta keadaan dalam kehidupan manusia. 

3. Wiliam Mc Gucken 

Merupakan pengarah dari aristoteles yang merupakan pendapat tentang natural dan supranatural. Beliau berfikir bahwasanya pendidikan memiliki tujuan tertentu.

4. Francis Bacon 

Merupakan pengetahuan bahwa pengetahuan itu sendiri diterima melalui persetujuan dan dunia faktanya. Hal ini dipelajari dalam pendidikan suatu landasan yang dimana berhubungan dengan pengalaman. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN