Mohon tunggu...
Siti Asiyah
Siti Asiyah Mohon Tunggu... Seniman - Pendiri https://www.pesanggrahan.de/

Pendiri "Pesangrahan Indonesia e.V https://www.pesanggrahan.de/ Pendiri Bonnindo Band 2016, Siti And Band 2017 https://www.facebook.com/siti.musik/ Pencetus Interkultureller Musik Projekt di Bonn sejak 2017 Pendiri Global Heroes Band 2019 Manager Matahari Band 2021 Penyanyi / Pencipta lagu 2021

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Jalan-jalan ke Paris

28 Februari 2024   22:55 Diperbarui: 28 Februari 2024   22:57 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Paris tidak lah jauh dari tempat dimana kita berada, 5,5 jam perjalanan bagi aku tidak lah jauh karena bagaimanapun Paris itu luar negri untuk aku yang tinggal di Jerman. Ada apa di Paris ? saat ini aku ke Paris karena mau menemuin Kakaknya Yudistira yaitu Dini dan suami yang sedang berkunjung untuk jalan-jalan di Paris. Karena jadwal mbak Dini padat, maka kita sepakat untuk menemuin nya di malam hari.  

Doku Pribadi OTW Paris 
Doku Pribadi OTW Paris 

Karena pertemuannya di sore hari, maka aku santai di rumah sambil beberes. Usai sarapan, aku juga masih ada waktu untuk masak dan makan. Kebiasaaanku makan anget apa adanya, nasi sop dan ikan. Itu hal yang mudah bagi aku selama hidup di Europa, selama aku bisa makan nasi aku makan nasi. Kalau tidak ya makan roti pun jadi. Tepat jam 12.00 siang kita berangkat menuju ke Paris dan sampai di sana jam 18.00 sore dengan istirahat di jalan dan ngisi bensin.   

Doku Pribadi Toll maut 
Doku Pribadi Toll maut 

Dari Bonn ke Paris kita melewati jalan toll yang bebayar, 16,00 kita bayar satu jalan, dan bolak balik jadinya 32,00 atau kurang lebih Rp. 550.000. Mahal juga kalau di rupiahkan jatuhnya. Aku ngak tahu seberapa mahal juga kalau kita lewat jalan toll bebayar di Indonesia. jadi caranya beli ticket masuk ke jalan toll kayaknya tak beda dengan cara beli di Indonesia. 

Di jalan kita sudah berkali-kali di ingatkan bahwa anda akan melewati jalan toll bebayar. Akhirnya sesampai kita di loket pembayaran itu ya kita tarik saja ticketitu di loket dan semua Outomatis. Na usai di ujung akhirnya toll bebayar itu selesai, maka kita masukkan tiket itu dan kita bayar lewat ATM yang langsung mereka scan dan selesai.  

Doku Pribadi saat ngisi Bensin
Doku Pribadi saat ngisi Bensin

Yang repot ngisi Bensinnya di Perancis menurut aku, karena kita harus bayar dulu, bilang kita mau ngisi apa dan no berapa, terus di kasih yang beda lokasi nya dari tempat pengisian bensin itu kita harus bilang dulu mau ngisi berapa dan nanti no akan di aktifkan sesuai dengan jumlah yang kita bayar. Tak pikir-pikir kok systemnya sama seperti di Indonesia ya, cuma kalau di Indonesia kita bayar langsung.  

Awal pertama mau ngisi aku tidak tahu, jadi ngak memahaminya dimana lokasi ngisi bensin ngak ada personal sama sekali dan ngak ada loket untuk membayarnya. 

Dua kali aku coba dan sama permasalahannya, di Pom Bensin ngak ada yang jaga semua Automatis, dan ngak  tahu caranya. Udah rasa deg degan karena bensin kita sudah mau habis, an alkamdulillah kita menemukan Pom bensin yang ada toko dan marketnya, dimana kita bisa bertanya bagaimana caranya. 

Disitu kebanyakan tempat peristirahatan pula untuk para pelancong yang sedang menuju ke Paris. Rasa lega setelah aku coba berkali-kali akhirnya berhasil kita ngisi bensin. Yaitu caranya beda dengan kalau kita ngisi bensin di Jerman. 

Doku Pribadi  
Doku Pribadi  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun