Karir

Modal Utama Menjadi Seorang Pemimpin

5 Juli 2018   19:31 Diperbarui: 5 Juli 2018   19:37 164 0 0
Modal Utama Menjadi Seorang Pemimpin
sakhisisizwe.co.za

Dapat kita ketahui bahwa dalam suatu organisasi pasti memerlukan seorang pemimpin serta karyawan-karyawan di dalamnya untuk mengelola organisasi hingga mencapai tujuan bersama dengan baik. Dalam suatu organisasi, pemimpin adalah orang yang tanggungjawab untuk memimpin dan bisa memberi motivasi kepada orang yang dipimpinnya.

Suatu organisasi pasti menginginkan seorang pemimpin yang baik, luwes, bertanggungjawab dan dapat memberikan arahan atau motivasi pada bawahannya, dan sangat penting dalam organisasi memilih pemimpin yang berkompeten karena kemampuannya untuk konsisten memberikan tingkat kinerja yang memadai atau tinggi dalam suatu fungsi pekerjaan yang spesifik.

Menjadi seorang pemimipin tentunya tidak mudah. Kalau untuk menjadi pemimpin yang asal-asalan memang tidak dituntut syarat atau kriteria tertentu. Asal berani berteriak, ia bisa menjadi pemimpin. Namun, pemimpin tersebut tidak akan dapat membangun organisasi dengan baik untuk mencapai tujuan. Hal tersebut malah akan membuat penurunan pada organisasi yang dipimpinnya. Seorang pemimpin harusnya memiliki bekal untuk mempimpin suatu organisasi.

Memiliki Keberanian

Tidak mungkin seorang pemimpin yang sukses tidak memiliki keberanian. Minimal keberanian untuk berbicara, mengemukakan pendapat, beradu argumentasi dan berani membela kebenaran, berani membela yang benar, memegang teguh pada pendirian yang benar, bertanggungjawab, berani ambil resiko dan tidak takut akan kegagalan.

Memiliki Kemampuan Memengaruhi Orang Lain

Salah satu ciri bahwa seseorang memiliki jiwa kepemimpinan adalah kemampuannya memengaruhi seseorang untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Dengan kemampuannya berkomunikasi, ia dapat mempengaruhi orang lain. bagaimana caranya? dengan cara membuat orang lain merasa penting, membantu kesulitan orang lain, mengemukakan wawasan dengan cara pandang yang positif, tidak merendahkan orang lain, dan memiliki kelebihan atau keahlian untuk memberikan arahan.

Memiliki Moral yang Tinggi

Moral adalah tindakan seseorang yang memiliki nilai positif. Penting bagi seorang pemimpin memiliki moral yang tinggi, karna seorang pemimpin adalah panutan bagi karyawannya secara moral yang dapat dipertanggungjawabkan. Pemimpin yang bermoral tinggi seperti santun dalam berbicara, menjauhi sikap tercela, mampu mengendalikan diri, serta memiliki naluri kebersamaan.

Mampu menjadi Motivator 

Dapat kita ketahui bahwa seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat memotivasi bawahannya dengan baik. Karena, pemimpin yang dapat memberi motivasi kepada bawahannya akan memberikan dorongan kepada bawahannya sehingga akan membuat mereka merasa nyaman dan dapat bekerja lebih efektif dalam bekerja untuk mencapai tujuan bersama.

Memiliki Rasa Humor

Seorang pemimpin harus memiliki sifat yang humoris, karena sifat humoris bermanfaat untuk meredakan ketegangan dan menambah semangat. Pemimpin yang memiliki sifat humoris memiliki ciri-ciri salah satunya yaitu murah senyum, ketika seorang pemimpin murah senyum akan membuat bawahannya enjoy. Tetapi, sifat yang humoris juga harus sesuai atau mampu menepatkan humornya pada situasi yang tepat.

Memiliki Sifat Jujur

Seorang yang memiliki sifat yang jujur akan membuat karyawan lebih percaya dan dapat bekerja dengan tenang dan aman. Karena, setiap perkataan yang keluar sudah pasti benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Sifat ini jugalah yang menjadi kunci penting bagi seorang pemimpin dalam mengembangkan sebuah bisnis.