Mohon tunggu...
Siti Husnul Khotimah
Siti Husnul Khotimah Mohon Tunggu... Guru - Guru

SITI HUSNUL KHOTIMAH, lahir dan tinggal di kota Reog, Ponorogo. Hobby gardening dan menulis. Motto, “Be the change that you wish to see in the world.”

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Bifrenaria harrisoniae, Anggrek Unik Endemik Brazil

26 November 2022   19:49 Diperbarui: 29 November 2022   18:29 135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bifrenaria harrisoniae by Ummu Danish Orchids

Bifrenaria harrisoniae

Bifrenaria harrisoniae, anggrek unik species asal negara Brazil, khususnya banyak ditemukan di sekitar Rio de Janeiro. Bifrenaria harrisoniae mendapatkan namanya pada kurun waktu 1800-an berdasarkan  nama Ny. Arnold Harrison, seorang penggemar anggrek asal Inggris.

Anggrek ini di alam ditemukan di wilayah pesisir, tumbuh ditebing bebatuan, menghadap kesisi timur, pada ketinggian antara 200 hingga 800 mdpl. Mereka sudah terbiasa terpapar dengan hembusan angin yang kuat dan sinar matahari penuh. Tanaman ini juga sudah terbiasa tumbuh dengan sedikit asupan nutrisi karena akarnya tertimbun dibawah celah bebatuan yang tandus.

Bifrenaria harrisoniae by Ummu Danish Orchids
Bifrenaria harrisoniae by Ummu Danish Orchids

Anggrek unik satu ini memiliki bulb atau batang pendek bersudut, berwarna kekuningan, dan berdaun tunggal dengan tekstur sedikit kaku, terasa mirip daun plastik, sangat menarik. Bunga akan muncul pada pseudobulb terbaru yang panjang tangkai bunganya lebih pendek dibandingkan tinggi daun. Bunganya sangat harum, bertekstur tebal, dan biasanya terdiri dari dua kuntum. Sedangkan warna bunganya putih dengan lidah berwarna ungu pekat. Pada permukaan lidahnya terdapat bulu-bulu halus. Secara umum penampakan bunganya sangat cantik.

Bifrenaria harrisoniae by Ummu Danish Orchids 
Bifrenaria harrisoniae by Ummu Danish Orchids 

Anggrek ini masuk kedalam jenis evergreen orchid atau epiphyte. Epiphyte sendiri yaitu sebutan untuk segala jenis tumbuhan yang hidup dengan cara menumpang pada tumbuhan lain sebagai tempat hidupnya. Untuk Bifrenaria harrisoniae, kebutuhan akan cahaya matahari langsung sekitar 50-60%. Media tanam bisa menggunakan kompos daun, pakis cacah, atau pasir malang. Penyiraman cukup 3-5 hari sekali.

Bifrenaria harrisoiae by Ummu Danish Orchids
Bifrenaria harrisoiae by Ummu Danish Orchids

Demikian ulasan singkat tentang si unik berbunga harum, Bifrenaria haarisoniae ini. Semoga bermanfaat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun