Mohon tunggu...
siti khusnulkhotimah
siti khusnulkhotimah Mohon Tunggu... Mahasiswa

Jangan lupa selalu bersyukur dan tetap semangat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Dampak Pencemaran Sampah terhadap Lingkungan Hidup di Kota Depok

22 Januari 2021   16:30 Diperbarui: 22 Januari 2021   16:30 56 1 0 Mohon Tunggu...

Mahasiswa Program Studi Sosiologi

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Universitas Muhammadiyah Malang

Lingkugan hidup merupakan sumber penting dalam menjamin keberlangsungan dan kelestarian hidup masyarakat. Semakin hari dari waktu ke waktu terjadi pencemaran dan perusakan lingkungan yang dilakukan oleh masyarakat memlalu berbagai aktivitas. Secara tidak langsung menimbulkan dampak yang besar bagi kesehatan masyarakat. Sampah adalah masalah yang tidak pernah selesai. Sampah dapat membawa dampak yang buruk terhadap kesehatan masyarakat. Namun jika sampah di buang secara sembarangan atau ditumpuk tanpa ada pengelolahan yang baik, maka akan menimbulkan bebagai dampak kesehatan yang serius.  peningkatan jumlah sampah sebagaian dikarenakan banyakanya aktivitas masyarakat lebih banyak dirumah sehingga produksi sampah juga tidak seperti biasanya . 

Jenis-jenis sampah dibedakan menjadi 4 macam yaitu :

  • Berdasarkan zat kimia terkandung di dalamnya
  • Sampah kering/organic, yang tidak dapat mengalami pembusukan secara alami. Misalnya logam, besi, kaleng, plastic, karet, botol.
  • Sampah basah/anorganik. Yang dapat mengalami pembusukan secara alami. Misalnya sampah dapur, sampah restoran, sisa sayur, rempah-rempah, atau sisa buah.
  • Berdasarkan dapat atau tidak dapatnya terbakar. Misalnya, kertas, plastic, kaleng, pecahan kaca.
  • Berdasarkan dapat atau tidak membusuk. Misalnya, sisa makanan, daun-daunan, plastic, logam.
  • Berdasarkan kriteria sampah. Misalnya sampah rumah tangga dan sampah industri.

sampah memiliki dua dampak yang saling bertentangan. Sampah yang tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan masyarakat dan kesehatan masyarakat. Begitu sebaliknya sampah dapat dikelola dengan baiak maka sampah akan menimbulkan dampak positif terhadapa lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Jika anda peduli terhadap lingkungan dan kesehatan Berikut adalah dampak negatif dan dampak positif sampah, anda tentu tidak ingin dampak tersebut menjadi ancaman untuk anda dan keluarga anda :

Dampak negatif sampah :

Sampah mempunyai dampak yang sangat merugikan masyarakat dan lingkungan. Ada beberapa dampak negatif sampah jika tidak ditangani secara serius oleh beberapa pihak yaitu :

- Menyebebkan kerusakan ekologis

- Menyebabkan penyakit

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x