Mohon tunggu...
Mrs Ibad
Mrs Ibad Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Inggris

Saya seorang introvert yang semesta jadikan saya menjadi guru SMP

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Menulis Teks Descriptive Sederhana Menggunakan Metode Chain Writing

6 Desember 2022   19:53 Diperbarui: 6 Desember 2022   20:24 358
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Dalam proses pembelajaran guru dapat menghasilkan sebuah praktik baik dalam pembelajaran yang berhasil memecahkan sebuah masalah yang dihadapi siswa, salah satu yang penulis pernah lakukan dalam pembelajaran yaitu dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks descriptive sederhana menggunakan metode chain writing dengan memanfaatkan media Instagram Feed, dalam proses pembelajaran ini penulis menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. 

Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah :
1. Rata rata hasil belajar peserta didik pada materi ini masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
2. Kesulitan siswa dalam mengembangkan ide dalam menulis dalam materi Descriptive text

Praktik pembelajaran ini sangat penting untuk dibagikan karena :
1. Sebagian guru mengalami permasalahan yang sama dengan permasalahan yang saya hadapi saat ini
2. Praktik pembelajaran ini dapat memotivasi saya sendiri dan guru-guru yang lain untuk mendesain pembelajaran yang kreatif dan inovatif
3. Praktik pembelajaran ini bisa menjadi referensi dan inspirasi guru guru lain bagaimana cara mengatasi permasalahan pembelajaran ini.
Adapun peran dan tanggung jawab saya dalam praktik pembelajaran ini adalah sebagai guru yang bertanggung jawab dalam mendesain pembelajaran yang Kreatif, Inovatif, Menantang dan Menyenangkan Mengunakan Model dan Metode serta Media pembelajaran yang tepat dan Inovatif. Sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Pembelajaran Bahasa Inggris.

Berdasarkan penyebab dari permasalahan diatas Tantangan yang dihadapi guru yaitu :
1. Penggunaan media pembelajaran yang tepat dan inovatif yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan karakteristik materi pembelajaran mampu menarik Minat peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dan termotivasi dalam pembelajaran bahasa inggris.
2. Penggunaan Model pembelajaran yang tepat sehingga mampu meningkatkan aktifitas dan dan partisipasi peserta didik dalam pembelajaran.
3. Guru harus mampu meningkatkan Motivasi belajar peserta didik untuk mengatasi kesulitan belajar melalui proses pembelajaran yang gampang, Asik, Seru, Menantang dan Menyenangkan.
Berdasarkan ketiga Tantangan tersebut diatas bisa disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi melibatkan peran guru dalam hal kompetensi yang harus dimilki guru yaitu : Kompetensi Pedagogik dan Profesional. Sementara dari sisi peserta didik yaitu keaktifan peserta didik.

Berdasarkan tantangan yang dihadapi guru, Langkahlangkah yang harus dilakukan yaitu :
 
1. Penggunaan model pembelajaran inovatif

* Berdasarkan analisis penentuan solusi adapun model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks descriptive sederhana yaitu penggunaan model pembelajaran Project Based Learning.
* Proses pemilihan model ini yaitu : mempelajari model-model pembelajaran inovatif melalui kajian literatur, mempelajari kemampuan awal dan kebiasaan atau gaya belajar peserta didik dan mempelajari karakteristik peserta didik.

2. Menggunakan media Instagram dalam pembelajaran sebagai media akhir proyek pengerajaan tugas siswa
* Pemilihan media pembelajaran ini dipilih karena meninjau ketertarikan siswa dalam penggunaan instagram yang sangat kekinian sehingga siswa diharapkan lebih tertarik menuangkan project nya melalui instagram feed.

3. Menggunakan Metode Chain Writing dalam kegiatan pembelajaran.
* Untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis sebuah teks descriptive sederhana, siswa dapat menggunakan metode chain writing dikarenakan dalam kajian pustaka metode ini dianggap sangat membantu dalam membantu siswa menuangkan idenya dalam menulis secara berantai bersama teman sekelompoknya

Dampak dari aksi dan langkah-langkah yang telah dilakukan yaitu hasil yang dirasakan sangat positif. Hal ini dapat dilihat dari :

1. Penggunaan metode chain writing sangat efektif dalam membantu siswa mengembangkan ide pikiran dalam menulis teks descriptive sederhana secara berkelompok.

2. Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning dimana pembelajaran ini berpusat pada peserta didik sangat membantu dalam meningkatkan keaktifan siswa dan kemandirian siswa dalam pembelajaran. Sehingga selain meningkatkan keaktifan juga meningkatkan kemampuan siswa dalam mebuat project tulisan yang kreatif dalam pembelajaran ini

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun