Mohon tunggu...
Siti Sofiah
Siti Sofiah Mohon Tunggu... Teknologi Pendidikan 2018

Universitas Negeri Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Manajemen Sistem Informasi dalam Pembelajaran

26 Oktober 2020   01:45 Diperbarui: 26 Oktober 2020   01:52 14 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manajemen Sistem Informasi dalam Pembelajaran
glam-n-tech.com

Hallo teman-teman berikut di bawah ini merupakan pengertian, manfaat, unsur-unsur dan contoh dari manajemen sistem informasi dalam pembelajaran yaa.. semoga bermanfaat ^.^

Pengertian Manajemen Sistem Informasi

Terdapat  beberapa ahli  yang  mendefinisikan  manajemen  sistem informasi.   

  • Menurut Stoner, manajemen sistem   informasi adalah   sebuah metode  formal  untuk  menyediakan  informasi  yang  akurat  dan  tepat waktu  bagi  manajemen yang  diperlukan  untuk  mempermudah  proses pengambilan    keputusan,    dan    memungkinkan    fungsi-fungsi    dari manajemen    seperti    perencanaan,    pengendalian,    dan    operasional organisasi dapat dilaksanakan secara efektif.
  • Menurut George  M.  Scott, manajemen sistem  informasi adalah sekumpulan sistem informasi yangsaling berinteraksi, yang memberikan informasi   baik   untuk   kepentingan   operasi   atau   kegiatan   manajerial (George M. Scott, 1997: 69).
  • Menurut Ais  Zakiyudin dalam  bukunya  bahwa, suatu manajemen sistem  informasi menggambarkan  ketersediaan  suatu  rangkaian  data yang  cukup  lengkap  yang  disimpan  agar  dapat  menyediakan  informasi untuk   mendukung   operasi,   manajemen,   dan   pembuatan   keputusan dalam suatu organisasi (Ais Zakiyudin, 2011: 15).

Dari  penjelasan  beberapa  ahli  tersebut,  dapat disimpulkan  bahwa manajemen sistem informasi adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen dalam suatu organisasi.

Manfaat Manajemen Sistem Informasi dalam Pembelajaran

Manajemen sistem informasi berada pada setiap perilaku organisasi, baik   dalam   perencanaan,   pelaksanaan,   maupun pengawasan   atau pembinaan karena untuk menghasilkan perilaku yang efektif dan efisien harus  didukung  oleh  data  dan  informasi  yang  berkualitas  mengenai sumber daya yang ada pada suatu organisasi.

Dengan  adanya manajemen sistem  informasi dalam  pembelajaran dapat  memberikan  berbagai  solusi  bagi  lembaga  pendidikan  dalam mengelola   segala   hal   yang   berkaitan   dengan   pendidikan.  Berikut beberapa manfaat manajemen system informasi akademik:

• Dengan MSI akademik  akan  membantu  lembaga  pendidikan  dalam mengambil   Tindakan, baik itu kebutuhan tenaga kependidikan, informasi   jumlah   lembaga   pendidikan   dari   mulai   tingkat   dasar, menengah, dan juga perguruan tinggi. •MSIakademik  berguna  bagi  masyarakat  dalam  mengontrol  atau mengawasi semua proses operasional lembaga pendidikan.

• MSI akademik  dapat  menyajikan  kualitas  jasa  pendidikan  dan dapat dipertanggungjawabkan.

• Dengan   sistem   informasi   akademik   akan   membantu   lembaga pendidikan dalam mengatur jadwal pembelajaran (bagi dosen/guru), mengatur  jadwal  pembelajaran  (bagi  mahasiswa  dan  peserta  didik), dan juga memudahkan dalam mengentri data dan nilai peserta didik.

• Mempermudah dan menyederhanakan proses administrasi sekolah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x