Mohon tunggu...
Siti nor  Kartika Sari
Siti nor Kartika Sari Mohon Tunggu... Bidan - Mahasiswi IAIN Samarinda

Yakin aja sama Allah

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Dilema Anak SMA antara Memilih Kerja atau Kuliah

25 Oktober 2019   07:15 Diperbarui: 25 Oktober 2019   12:08 113 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Siti nor Kartika Sari

Mahasiswi IAIN Samarinda

Ujian nasional memang Menjadi hal yang mendebarkan, rasa haru dan bahagia ketika mendengar pengumuman kelulusan, dimana perjuangan mereka selama 3 tahun telah usai. 

Masa dimana mereka akan melepas seragam putih abu-abu sebelum dihadapan dengan keadaan yang lebih sulit. Yaitu tentang menentukan masa depan mereka

Habis lulus mau lanjut dimana? Itulah pertanyaan yang sering ditanyakan orang tua kepada anaknya tidak hanya orang tua bahkan orang lain pun juga menanyakan hal yang sama. Perpindahan dari jenjang SMA ke jenjang yang lebih tinggi membuat mereka dilema harus bagaimana.

Hal yang membuat mereka dilema pun bermacam-macam mulai dari bingung ingin menentukan jurusan kuliah dan masih kaget harus disudutkan dengan masa seperti ini yaitu tentang menentukan masa  depan mereka

Namun justru yang harus pikirkan ialah langkah apa yang harus mereka ambil setelah lulus dari jenjang SMA tersebut. Sebagian dari mereka mungkin ada yang mendapatkan lampu hijau dari orang tua untuk melanjutkan ke perguruan tinggi tentu aman saja namun sebagian dari mereka yang tidak mendapatkan lampu hijau mau tidak mau harus membantu perekonomian keluarga.

Ada diantar mereka yang memilih untuk kuliah dan ada juga yang memilih untuk berkerja. Dari sini dapat kita tarik kesimpulan bahwa setiap keputusan yang mereka ambil mempunyai alasan tersendiri. 

Seperti ada yang memilih tidak kuliah karena keterbatasan ekonomi sehingga ia harus membantu ekonomi keluarga dan juga alasan mereka tidak kuliah karena berpikir realistis dan lain-lain. Ada juga yang memilih kuliah karena ilmu itu sangat penting ia akan dipakai sampai tua nanti dan lain-lain.

Lalu apakah kuliah menjadi penentu kesuksesan seseorang? Jawabannya tidak , karena penentu seseorang itu sukses atau tidak bukan ditentukan dari ia kuliah atau tidak, tapi seberapa keras usaha dan semangatnya Serta kreatifitas dan produktivitas orang tersebut. Karena akan sia-sia orang ber IQ  tinggi tapi dia tidak memanfaatkan dengan baik. 

Banyak orang yang tidak kuliah tapi dia sukses karena ia kreatif dan juga produktif. Tapi tidak menuntut kemungkinan bahkan orang yang kuliahpun pasti juga bisa lebih sukses karena mereka ditunjang dengan ilmu. Tapi itu semua tergantung usaha dan kerja keras mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan