Mohon tunggu...
Siti AlizatulFitriyaty
Siti AlizatulFitriyaty Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia

Saya memiliki minat terhadap perkembangan teknologi saat ini dengan mengimplemetasikan beberapa bidang teknologi seperti product management dan marketing

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

KKN Rekognisi UPI 2022: Perancangan Produk Fintech bagi Kalangan Mahasiswa

10 November 2022   12:05 Diperbarui: 10 November 2022   13:47 74
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pandemi Covid-19 masuk ke indonesia pertama kali sekitar bulan maret 2020 semua aspek terdampak yang sangat signifikan banyak kerugian yang dialami terutama dalam dunia pendidikan, berbagai kalangan kampus yang kini kian mengalami masalah berat terhadap mahasiswa(i) mengenai pembayaran uang kuliah yang terkadang menunggak. Banyak diantara mereka yang sering mengalami kegagalan naik semester dan harus mengambil cuti untuk mencari biaya kuliah. Hal ini dilansir dari 2 tahun kebelakang, banyaknya orang tua dari mahasiswa yang Terkena PHK dan perekonomian masyarakat makin miris, kebutuhan sehari hari juga kurang terpenuhi, sehingga membayar uang kuliah juga susah, dengan melihat kasus yang terjadi mahasiswa mengajukan cuti.

Dengan adanya permasalahan tersebut saya sebagai peserta Magang dan Studi Independent bersertifikat serta peserta KKN Rekognisi  yang merupakan bagian dari tugas akhir berupa project dengan studi kasus tersebut  menawarkan solusinya dengan menghadirkan produk yang bergerak di industri teknologi finansial (fintech) terutama pada masa pandemi dengan ini kami mengajukan sebuah aplikasi mobile dan website yang diberi nama K-MASTER (Kantong Mahasiswa Sejahtera) dengan tujuan dapat membantu mahasiswa yang ada di berbagai universitas untuk membantu memenuhi keperluan kuliah kedepannya tanpa harus banyak membebankan orang tua, Dengan adanya produk ini tentu memiliki keuntungan yang baik untuk user salah satunya dapat diakses kapan saja dan dimana saja terhadap produk yang ditawarkan dapat membantu permasalahan tersebut serat membudayakan sikap hemat bagi mahasiswa.

About K-MASTER

K-MASTER adalah Aplikasi/Sistem yang dapat membantu mahasiswa seluruh universitas di Indonesia untuk belajar menabung untuk membantu keperluan kuliah kedepannya tanpa harus banyak membebankan orang tua, Dengan adanya produk memiliki keuntungan dapat diakses kapan saja dan dimana saja terhadap produk yang ditawarkan. para mahasiswa bisa melakukan sebuah peminjaman dengan mencicil dan penabungan untuk menyelesaikan pendidikannya dengan tepat waktu tanpa harus menunggak selama beberapa semester. 

Visi : Menjadi Life Finance Mahasiswa Simpler, Smarter, Safer and Moving Forward

Misi : Mewujudkan cita-cita setiap Mahasiswa Indonesia untuk dapat melanjutkan studinya tanpa memikirkan pembayaran UKT.

Sesuai dengan visi yang diambil product vision membantu tim merencanakan pengembangan produk awal. Dalam kerangka Agile, setiap tim harus mulai mengerjakan suatu produk dengan cepat dan memahami setiap detail terlebih dahulu dan merencanakan ke depan dan membuat keputusan yang tepat. produk vision Produk membantu dalam mengetahui arah produk yang akan dikembangkan

Perancangan Platfrom

Dalam perancangan platform tersebut dengan menjawab permasalahan yang ada menggunakan metode design thinking dengan beberapa tahapan didalamnya :

Design thinking

Design thinking digunakan untuk memvalidasi dan menentukan solusi yang diimplementasikan membuatan user interface serta melakukan pengujian.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun