Mohon tunggu...
Sistilia
Sistilia Mohon Tunggu... @sistilia_

Mahasiswa Perbankan Syariah STEI Bina Muda Bandung

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Ketika Jurusan Perkuliahan Tidak Sesuai Keinginan, Ternyata Ada Manfaatnya, Lho!

28 Maret 2021   15:09 Diperbarui: 29 Maret 2021   09:49 162 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Jurusan Perkuliahan Tidak Sesuai Keinginan, Ternyata Ada Manfaatnya, Lho!
Sumber: wartapenanews.com

Bagaimana bila kita berada pada posisi salah ambil jurusan? jurusan tidak sesuai passion? jurusan tidak berhubungan dengan cita-cita? Sehingga mau tidak mau cita-citanya yang harus diubah agar sejalur dengan jurusan yang telah kita ambil.

Misal kuliah dibidang hukum cita cita ingin menjadi dokter, kuliah jurusan mesin cita-cita ingin menjadi psikolog, kuliah dibidang sastra cita-cita ingin menjadi desainer. Tentu hal tersebut menyebabkan kita mau tidak mau harus menempati pekerjaan yang sesuai jurusan kita saat kuliah. 

Sebenarnya mungkin bisa saja kita bekerja sesuai dengan pekerjaan yang kita idamkan meskipun tidak sesuai jurusan saat kuliah, tapi hal tersebut akan terasa lebih sulit dibandingkan saat kita mengambil pekerjaan sesuai jurusan, kita akan merasa bahwa saat kuliah dulu hanyalah sia-sia atau bahkan kita mau tidak mau harus belajar hal baru saat kita mulai menempati pekerjaan tersebut, eitss... sebenarnya malah pemikiran tersebutlah yang akan menghancurkan masa depan kita jadi jangan malah berpikir kalau juruisannya yang salah.

Apabila kita bisa menerima semua dengan rasa syukur jurusan yang tidak sesuai dengan keinginan bukan hal yang benar-benar buruk kok, justru bisa mendatangkan manfaat.

1. Kita bisa belajar hal baru

kita bisa mempelajari hal yang baru, bisa menganggap juga hal tersebut sebagai tantangan, yang dimana akan membuat kita semangat untuk menaklukkan tantangan tersebut. 

Kita juga akan mendapatkan ilmu baru berbeda dengan sesuatu yang telah kita pelajari selama ini. Karna sejatinya tidak semua isi dari kehidupan ini sesuai dengan keinginan kita, bahkan kadang sesuatu yang kita inginkan belum tentu nantinya menjadi hal yang kita butuhkan juga.

2. Belajar untuk menyukai sesuatu yang gak kita suka

perlu diingat bahwa selama ini kita hanya mempelajari hal yang kita suka sehingga wawasan kita hanya berkutik di situ situ saja. Sampai kita tidak menyadari bahwa kita nantinya juga akan bertemu dengan hal baru, dan mempelajari hal baru itu juga tidak kalah penting. 

Nah jadikanlah hal tersebut dorongan terhadap diri kita sendiri untuk mau belajar sesuatu yang tidak kita sukai, karna apabila sudah masuk dunia kerja kita justru akan lebih sering menemui hal yang gak kita suka. Jadi mulailah dari sekarang untuk mempelajari bukan hal yang kita sukai saja tetapi hal yang tidak kita sukai juga.

3. Belajar bertanggungjawab

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN