Mohon tunggu...
SISTA ANINDITA
SISTA ANINDITA Mohon Tunggu... 171910501014

171910501014

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Public Private Partnership

27 Mei 2019   18:57 Diperbarui: 27 Mei 2019   19:00 0 0 0 Mohon Tunggu...

Masa Pemerintahan Jokowi-JK prioritasnya adalah membangun infrastruktur guna menunjang peningkatan pelayanan publik. Dalam rencananya tersebut masih ada kendala terkait dana untuk membangun berbagai infrastruktur, sehingga upaya pemerintah dalam mencari alternatif sumber dana dari sektor swasta. Sumber dana tersebut salah satunya yaitu dengan skema Public Private Partership.

Terdapat banyak sekali bentuk Public Private Partnership (PPP). Salah satunya BOT. BOT ini adalah salah satu cara terbaik untuk pembangunan infrastruktur baru dengan keterbatasan dana pemerintah dan dana yang diberikan oleh pihak swsta digunakan untuk membangun dan mengoperasiakn fasilitas infrastruktur. Dan juga ini diterapkan dalam pembangunan jalan tol. Jadi pemerintah melakukan penyetujuan dari pembangunan tol tersebut, namun  pembangunan dan pengoperasiannya dilakukan pihak swasta dengan masa kontrak yang telah disepakati. 

Dengan hal ini dapat menguntungkan pemerintah jika dibandingkan dengan harus membangun jalan sendiri yang selalu dalam pembangunannya tidak terlepas dari yang namanya hutang.  Terdapat tantangan dalam melakukan pembangunan infrastruktur dan untuk menanggulanginya pemerintah harus bekerjasama dengan pihak sektor privat dalam investasi. Tapi ada masalah atau kendala terkait dengan belum pastinya investasi dari pemerintah itu sendiri. 

Apabila hal itu bisa dikurangi maka akan membawa dampak yang baik untuk Indonesia maka dari itu butuh kerjasama tersebut karena jika tidak begitu akan lebih banyak dana yang dibutuhkan. Maka dari hal tersebut pemerintah harus bisa memikirkan cara yang efektif untuk melihat peluang sehingga proses pembangunan infrastruktur dapat cepat dan bisa menjadikan infrastruktur di Indonesia jadi lebih baik.