Mohon tunggu...
siska.rmw
siska.rmw Mohon Tunggu...

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Sopan Santun

17 April 2019   07:50 Diperbarui: 17 April 2019   08:15 0 1 1 Mohon Tunggu...

Sikap dan perilaku sopan santun adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan setiap manusia yang ada didunia. Kita sebagai makhluk hidup harus bersikap dan berperilaku sopan santun yang baik sesame lain. Bersikap dan berperilaku sopan santun harus kita lakukan dirumah maupun di luar rumah.

Setiap kita berbicara kepada orang lain, sebaiknya menggunakan bahasa yang baik. Contoh sikap dan perilaku sopan santun antara lain : bersikap dan berperilaku sopan santun kepada orang tua, bapak ibu guru, teman, ataupun orang lain. Kita juga harus bersikap dan berperilaku sopan santun baik di ingkungan rumah atau keluarga, sekolah, bahkan masyarakat.

Ketika kita akan berbicara, sebaiknya pikirkan dulu apa yang akan kita bicarakan. Agar didalam kalimat yang kita ucapkan tidak menyinggung dan menyakiti persaan orang lain. Contohnya ketika kita sedang berbicara kepada orang tua,sebaiknya kira menggunakan bahasa yang baik dan sopan. Kita biasakan untuk selalu berbicara menggunkan bahasa yangbaik dan benar kepada siapapun.

Sepertiyang kita ketahui, pada jaman sekarang. Semua sikap dan perilaku semua orang banyak yang kurang mengenakkan untuk dilihat dan didengarkan. Terutama para remaja jaman sekarang, sikap sopan santun seperti dianggap sebagai ajaran yang tidak berguna.

Kita sebagai remaja yang sadar akan adanya sopan santun, sebaiknya kita jaga ucapan dan tingkah laku kita agar tidak menyakiti orang lain akibat diri kita. Kita tunjukkan kepada semua orang bahwa masih ada sikap sopan santun yang ada pada diri kita.

Seperti yang pernah kita lihat dan kita dengarkan, banyak contoh sikap dan perilaku anak jaman sekarang yang menyimpang norma-norma dan hilangnya harga diri. Dapat dicontohkan seperti : pergaulan bebas, mabuk-mabukan, durhaka kepad orang tua, melawan guru, hamil diluar nikah, dan lainya.

Dan kita biasa ketahui contoh sikap dan perilakau sopan santun yang bisa kita lakukan dirumah antara lian : mengucap salam akan memasuki rumah, berbahasa yang baik ketika berbicara kepada orang tua, tikad membantah orang tua, jika kita mendapat teguran harus didengarkan dengan baik, dan lainya.

Dan ketika kita disekolah seperti : hormat dan sopan kepada guru, berperilaku baik kepada teman, menaati peraturan sekolah, mendengarka nasehat guru, mendengarkan ketika guru menerangkan dalam pelajaran, dan lainya.

Seperti yang dikatakan diatas kita sebagai manusia terutama anak remaja, sebaiknya kita menjaga sikap dan perilaku kita kepada siapapun. Karena dengan cara kita bersikap dan berperilaku dapat meverminkan jati diri seseoang. Dalam hal ini,kita dapat menyimpulkan bahwa bersikapn dan berperilaku sopan santun harus selalu kita terpkan pada diri kita masing-masing. Dan marilah kita terpakan pada diri kita sikap dan perilaku sopan santun yang baik dimulai dari sekarang.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x