Siska Rifati
Siska Rifati Mohon Tunggu... Editor - Mahasiswi

Apapun yang terjadi bertaqwa lah

Pendakian Gunung Andong 1726 MDPL

6 Desember 2019   20:59 Diperbarui: 6 Desember 2019   21:09 18

Waktu itu saya dan enam orang teman saya ( dua perempuan dan empat laki laki) ingin melakukan pendakian ke Gunung Andong, yang terletak di Girirejo, Ngablak, Magelang Jawa Tengah. Gunung Andong sendiri mempunyai ketinggian 1726 meter di bawah permukaan laut (mdpl).

Kami melakukan pendakian pada tanggal 26-27 Juni 2019, sehari sebelum kami berangkat, tepatnya tanggal 25 juni 2019 pukul 15.30 kami melakukan technical meeting disalah satu rumah teman kami yang bertepat di daerah Cepiring, untuk membahas apa yang akan dibawa dalam pendakian tersebut.

Setelah selesai technical meeting kira-kira pukul 17.15 kami kembali pulang kerumah kami masing-masing.

Keesokan harinya pada tanggal 26 Juni 2019 pukul 07.00, kami semua berkumpul disalah satu rumah teman kami yang bertempat di daerah Cepiring, untuk melakukan prepare barang-barang yang akan dibawa.

Setelah prepare selesai, jam menunjukkan pukul 09.00 kemudian kami berangkat  dari rumah teman kami dengan menggunakan sepeda motor. Perjalanan yang kami tempuh untuk sampai di basecamp pendakian Gunung Andong via pendem kurang lebih 3jam, setelah kami sampai kami resgitrasi tiket masuk gunung andong, untuk tiket masuknya sendiri 1 orang dikenai biaya 10ribu dan 2ribu untuk parkir.

Setelah kami registrasi kami beristirahat di basecamp untuk makan dan sholat. Kemudian kami melakukan perjalanan pendakian pukul 15.00, perjalanan menuju puncak kurang lebih 2jam, kami melewati beberapa pos untuk mencapai puncak alap alap dengan ketinggian 1692 mdpl.

Setelah kami sampai di puncak alap-alap, kemudian kami mendirikan tenda, kami membawa 2 tenda, 1 untuk laki laki dan 1 untuk perempuan. Setelah selesai mendirikan tenda kami memasukkan barang barang kami ke dalam tenda.

Setelah itu kami pun sholat maghrib , dan kemudian kami membuat kopi dan memasak untuk makan malam bersama. Setelah selesai makan kami sholat isya, lalu kami berkumpul disatu tenda untuk bercerita, bercanda gurau sambil makan snack yang kami bawa sembari minum kopi hangat sambil memandangi langit dari pintu tenda. Setelah lama kami berkumpul kemudian kami beristirahat ditenda masing masing.

Malam pun berlalu pagi pun datang dengan mentari yang bersinar terang, kemudian kami bangun untuk sholat subuh setelah itu kami siap siap untuk menuju puncak utama yaitu puncak Gunung Andong 1726, untuk menuju puncak Andong dari puncak alap alap kurang lebih setengah jam, setelah sampai di puncak andong kami berfoto foto disana, setelah puas foto foto disana kami kembali ke tenda kami yang di puncak alap alap kemudian kami memasak untuk makan bersama.

Setelah kami selesai makan kemudian kami bersih bersih dan prepare untuk pulang ke basecamp. Ternyata perjalanan pulang lebih cepat daripada perjalanan waktu berangkat, setelah kami sampai basecamp kemudian kami mandi, sholat, dan beristirahat sebentar. Kemudian kami pulang dari basecamp pukul 16.00, dan sampai pukul 20.00 di rumah masing-masing.