Mohon tunggu...
Siska Fajarrany
Siska Fajarrany Mohon Tunggu... Penulis - Lecturer, Writer

Suka menulis.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Review Film "Lampir", Horor yang Gak Berasa

16 Februari 2024   06:30 Diperbarui: 16 Februari 2024   06:33 942
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cast Film Lampir (2024). (Sumber: viva.co.id)

Apa yang ada dibenak kalian jika mendengar sosok Mak Lampir? Sosok Mak Lampir sering dijadikan bahan untuk menakut-nakuti anak-anak yang masih belum pulang karena keasyikan bermain di luar sampai menjelang Maghrib.

Dalam benak anak-anak yang percaya dengan perkataan orang tuanya, ia akan menerka bahwa sosok Mak Lampir yang sangat menakutkan. Ditambah lagi dengan embel-embel bahwa Mak Lampir senang menculik anak nakal yang masih berkeliaran di luar rumah sampai malam hari.

Sebenarnya, sosok Mak Lampir menjadi hantu iconic pada sinetron lawas yang booming pada tahun 1998. Misteri Gunung Merapi menampilkan Mak Lampir yang mengerikan sepanjang tahun 1998 sampai 2005. 

Keberhasilan sinetron Misteri Gunung Merapi yang menampilkan sosok Mak Lampir kembali ingin dirasakan oleh para pecinta film horor. Kali ini, sosok Mak Lampir tidak lagi dikemas dalam siaran televisi. Melainkan keseramannya dapat dirasakan di studio bioskop.

Tentunya banyak sekali perbedaan sosok Mak Lampir dalam sinetron Misteri Gunung Merapi dengan versi film Lampir. Wujud Mak Lampir yang ditampilkan dalam versi film, diberikan sentuhan yang lebih modern. Menyesuaikan dengan selera dan kondisi saat ini. 

Apalagi saat ini, sosok hantu dalam film-film horor Indonesia sangat beragam. Pilihan yang tepat untuk menghadirkan sosok Mak Lampir dengan versi baru.

Selain itu, sudah jelas perbedaan cerita dalam versi sinetron dengan film. Film Lampir sama sekali bukan adaptasi dari sinetron lawas Misteri Gunung Merapi. Hanya saja menampilkan kembali sosok hantu Mak Lampir yang menjadi hantu iconic dalam sinetron tersebut.

Meski begitu, bagi para penonton setia sinetron Misteri Gunung Merapi yang ingin nostalgia dengan sosok Mak Lampir, bisa mengikuti sosok Mak Lampir baru dalam film. Mengingat sinetron ini memang begitu jaya sepanjang 7 tahun penayangannya.

Film Lampir rilis pada tanggal 14 Februari 2024. Salah satu strategi yang tepat merilis film ini tepat di tanggal merah. Biasanya, usai mengikuti Pemilu, ada yang memanfaatkan dengan mencari promo di mall. 

Film Lampir hadir menjadi salah satu alternatif tontonan mengisi hari libur. Apalagi kini di bioskop hanya ada satu film horor yang sudah tayang sejak awal bulan. Film Lampir sepertinya bisa mendapatkan studio paling besar dengan jam tayang yang cukup banyak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun