Mohon tunggu...
SISKA ARTATI
SISKA ARTATI Mohon Tunggu... Guru - Ibu rumah tangga, guru privat, dan penyuka buku

Bergabung sejak Oktober 2020. Antologi: 💗Kutemukan CintaMU 💗 Aku Akademia, Aku Belajar, Aku Cerita 💗150 Kompasianer Menulis Tjiptadinata Effendi 💗 Ruang Bernama Kenangan 💗 Biduk Asa Kayuh Cita 💗 55 Cerita Islami Terbaik Untuk Anak. 💗Syair Syiar Akademia. Penulis bisa ditemui di akun IG: @siskaartati / @siska_mentorpaytren

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Dukung Anak Mengikuti PETA Sekolah

8 Juli 2022   09:53 Diperbarui: 11 Juli 2022   15:00 278 22 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi gambar: http://www.smaitgranada.sch.id/

Masa liburan kenaikan kelas hampir selesai. Tinggal menghitung hari, tahun ajaran baru 2022/2023 akan segera dimulai. 

Seperti juga calon sekolah Nakdis yang rencananya akan memulai pada pekan ketiga bulan Juli. Namun sebelum kegiatan belajar mengajar normal dimulai, calon siswa dan siswi diwajibkan mengikuti kegiatan Pekan Ta'aruf (PETA).

Pekan Ta’aruf merupakan istilah yang digunakan oleh sekolah anak kami, yaitu kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Rencananya akan digelar selama 3 hari 2 malam, menginap di sekolah, dengan pendampingan dari para guru.

Bersyukur masa pandemi telah usai meski pelaksanaannya tetap memperhatikan protokol kesehatan. Seluruh siswa diharapkan mengikuti kegiatan ini, baik yang tinggal di asrama maupun yang tidak.

***

Semasa saya bersekolah di tingkat lanjutan pertama, lanjutan atas, dan perguruan tinggi, pengenalan sekolah dibarengi dengan kegiatan P4, yaitu pembekalan penataran berupa Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila atau Ekapasetya Pancakarsa di era tersebut.

Nah, di sekolah Nakdis ini, selain memberikan pembekalan tentang wawasan berbangsa dan bernegara, kegiatan Pekan Ta’aruf akan memberikan banyak pengalaman dan informasi baru seputar Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu dan kehidupan di masa sekolah putih abu-abu.

Mengapa kegiatan PETA penting untuk diikuti siswa?

Anak kita akan menjalani proses peralihan masa pendidikan dan pergaulannya, dari fase remaja menuju usia dewasanya. Babak sangat penting ini merupakan bagian dari proses kehidupan, baik dari aspek ibadah, aspek kedisiplinan, maupun aspek budaya yang ingin dibangun selama mengikuti PETA.

Tentunya anak didik akan menemukan hal-hal baru dan pergaulan yang lebih luas lagi, lebih daripada saat mereka masih menempuh pendidikan jenjang sekolah lanjutan pertamanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan