Mohon tunggu...
Siska Etikasari
Siska Etikasari Mohon Tunggu... Lainnya - raccoonline

my words, my world

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Aplikasi Favorit yang Menemani Saat Ngabuburit

24 April 2021   20:55 Diperbarui: 24 April 2021   21:11 142 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Aplikasi Favorit yang Menemani Saat Ngabuburit
Aplikasi iPusnas dan Cabaca (as apk playstore; canva: edit)

Buka puasa jika ditunggu-tunggu pasti akan terasa lama. Untuk itu, alangkah baiknya saat ngabuburit itu kita melakukan hal-hal yang bermanfaat. Biasanya apa yang kalian lakukan saat ngabuburit?

Kalau saya biasanya baca buku. Sudah satu tahun lebih saya tidak membeli buku. Sebenarnya saya lebih suka pergi ke toko buku dan membeli buku secara langsung. Tapi, saya harus menahan diri karena pandemi.

Meski begitu, saya masih bisa tetap membaca buku digital. Ya, saya menggunakan aplikasi baca online. Ada dua aplikasi baca favorit saya.

1) iPusnas

Yang pertama adalah iPusnas, aplikasi baca yang pertama kali saya kenal. Benar-benar seperti perpustakaan, tapi versi digital. Ada banyak kategori yang tersedia. Jadi, kita bisa buku yang sesuai dengan selera kita. Mulai dari agama, fiksi, hingga nonfiksi.

Jika tertarik, bisa langsung download aplikasinya di playstore. Cara meminjam buku di iPusnas sangat mudah, dan gratis. Hanya bermodal kuota internet.2) Cabaca

Kemudian, aplikasi baca favorit saya yang kedua adalah Cabaca. Menurut saya, aplikasi yang satu ini lebih kekinian. Kita bisa membaca tiga bab pertama judul buku yang ingin kita baca. Untuk bab yang selebihnya, kita harus membelinya dengan sejumlah kerang yang sudah ditentukan. Kerang-kerang tersebut didapatkan dengan cara membeli, atau bisa juga didapatkan secara gratis dengan mengijuti tantangan yang ada di hari itu.

Ada karya-karya penulis yang sudah sering kita jumpai buku-bukunya di rak toko buku. Ada juga penulis pemula yang tidak kalah kece karyanya. Selain itu, aplikasi ini juga bisa untuk menulis. Bagi kalian yang suka menulis novel atau cerpen, dan ingin menyalurkannya, kalian bisa mencoba di aplikasi Cabaca. Kalian bisa download aplikasi ini di playstore.

Itu dia, dua aplikasi favorit saya karena saya memang suka membaca. Kalau tidak ada buku yang bisa dibaca sehari saja, rasanya hampa.

Kalau aplikasi favorit kalian apa?

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN