Mohon tunggu...
Rosmani Huang
Rosmani Huang Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Enjoy this life with positive thinking

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Rujak Natsepa di Ambon yang Melegenda

20 Juni 2021   15:30 Diperbarui: 20 Juni 2021   15:31 244 33 12 Mohon Tunggu...

Rujak buah merupakan salah satu kuliner favoritku. Apabila sampai di suatu tempat yang menjual rujak buah, maka tidak pernah akan terlewati untuk mencicipinya.

Bahan untuk rujak buah  yaitu irisan nanas, jambu air, mentimun,  mangga mengkal,  belimbing, ubi jalar, dan buah kedondong.

Irisan buah-buahan tersebut kemudian dimasukkan ke cobekan yang sebelumnya sudah digunakan untuk mengulek kacang tanah dan campuran rempah khas Indonesia, seperti pala, gula merah, garam dan cabai. Setelah buah-buah tersebut tercampur secara merata, maka langsung dihidangkan di piring dan tinggal menikmatinya.

Sensasi rasa manis, asam, asin dan pedas langsung terasa di lidah dan mengalir ke hati. Raut senang  dan bahagia akan langsung terpancar begitu mencicipi kuliner satu ini. Kebahagiaan tersebut akan semakin bertambah apabila ada panorama indah di sekelilingnya.

Berikut beberapa tempat dimana saya menikmati kuliner favoritku ini beserta pemandangan indah disekitarnya saat berkunjung ke Sabang & Maluku.

Rujak buah di salah satu tempat di Sabang

Saya tidak tahu nama jalannya. Yang pasti panorama di sekelilingnya sungguh memukau. Menikmati sepiring rujak buah dipadu dengan kelapa muda serta pemandangan indah disekelilingnya sungguh menyenangkan dan membahagiakan. Semua rasa penat yang dirasakan saat berkeliling menikmati keindahan Sabang langsung terhapus begitu mencicipi kuliner ini.

Rujak buah di salah satu tempat di Sabang (dokpri)
Rujak buah di salah satu tempat di Sabang (dokpri)
Panorama yang memukau saat mencicipi seporsi rujak buah di Sabang (dokpri)
Panorama yang memukau saat mencicipi seporsi rujak buah di Sabang (dokpri)
Rujak Natsepa di Pantai Natsepa, Ambon

Salah satu agenda pada saat melakukan perjalanan ke Ambon  akhir tahun 2018 adalah mencicipi rujak buah di Pantai Natsepa sehingga begitu menginjakkan kaki di kota Ambon, segera menginfokan ke tour guide untuk meluncur ke Pantai Natsepa.

Deretan penjual rujak buah langsung tertangkap mata. Tanpa membuang waktu lagi, langkah kaki langsung menghampiri salah satu penjual rujak buah tersebut untuk segera memuaskan rasa.

Bahan untuk Rujak Natsepa pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan rujak buah pada umumnya, yaitu irisan nanas, jambu air, mentimun,  mangga mengkal,  belimbing, ubi jalar, dan buah kedondong. Yang membedakannya adalah bumbu kacang yang digunakan menggunakan kacang yang lebih banyak dan diulek dengan tekstur yang lebih kasar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN