Mohon tunggu...
Muhammad Nasir
Muhammad Nasir Mohon Tunggu... Tech addict

Read what you will, write what you fell!

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

6 Tips Menjaga Data Privasi di Internet

1 September 2019   00:01 Diperbarui: 1 September 2019   00:18 0 2 2 Mohon Tunggu...

Kamu pasti sering dengar istilah keamanan privasi, keamanan privasi di dunia maya terus menjadi buah bibir karena aktivitas manusia sekarang banyak melalui dunia maya.

Belanja ada online shop, Jasa transportasi ada ojek online, Lapar mau makan ada jasa penyedia makan online, bahkan uang pun sekarang sudah beralih ke uang digital

Oleh karena itu bahaya dari keamanan privasi selalu mengintai pengguna dunia maya. Banyak pihak yang tidak bertanggung jawab selalu mengincar celah di dunia maya untuk mencuri data pribadi kita. 

Bahkan, perusahaan besar seperti google dan facebook pun terindikasi penyalahgunaan data pengguna dan melakukan pelanggaran keamanan privasi pengguna.

Disini, ada beberapa tips untuk meningkatkan keamanan privasi di dunia maya yang mungkin bisa kamu lakukan.

Pasang antivirus

Di semua device yang dipakai, pasang antivirus untuk memproteksi device dari virus-virus serta dari pencurian data via dunia maya. 

Antivirus mampu memberikan perlindungan dan keamanan data di laptop maupun smartphone dari serangan virus. Sehingga merasa aman dan nyaman dalam menyimpan data di laptop maupun smartphone.

Virus biasanya menyebar melalui media penyimpanan atau pada saat kita browsing atau mengakses internet. Maka, disarankan untuk selalu update antivirus karena malware/virus akan terus berevolusi.

Jangan sepele dengan password

Password adalah garis pertahanan pertama dalam menghadapi hacker jahat yang ingin masuk kedalam akun kamu. Maka jangan gunakan password yang mudah ditebak. Hindari penggunaan nama asli, nama orang tua, tanggal lahir atau informasi lainnya yang mudah ditebak, karena hal itu dapat memicu akunmu dapat dimasuki oleh hacker jahat. Gunakan kombinasi huruf, angka dan simbol dalam membuat password.

Berhati-hati dalam memberi izin akses aplikasi

Saat ini, ketika install aplikasi baru di smartphone maka diminta untuk memberikan izin tertentu. Perhatikan ketika menerima persyaratan untuk memberi izin akses, karena kemungkinan aplikasi yang diinstall tidak membutuhkan kamera atau lokasi smartphone kamu. Memberikan izin tanpa menyadari yang kamu setujui bisa melanggar privasimu tanpa disengaja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN