Mohon tunggu...
Mohamad Akmal Albari
Mohamad Akmal Albari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Multiverse of chillest

a piece of life, chill out!

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Institusi Kebudayaan Asing di Bandung, Negara Apa Saja?

10 Juni 2022   01:44 Diperbarui: 10 Juni 2022   01:58 180 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Potret Kegiatan Diskusi Budaya Indonesia di Gothe-Institut Bandung/Dok.Pribadi

Indonesia sejak dahulu selalu mengembangkan budaya tanah air, salah satunya dengan mendirikan lembaga kebudayaan. Peran lembaga kebudayaan sendiri adalah mengembangkan dan melestarikan budaya, seni, ilmu pengetahuan, lingkungan dan pendidikan dalam negara. Hal ini tentu bermanfaat bagi negara dan menjaga budaya tetap terjaga, keuntungan yang didapatkan bagi warga negara adalah mengenal lebih jauh budaya. 

Disamping itu, lembaga budaya bisa memperkenalkan kebudayaan negara ke seantero dunia. Apalagi era masyarakat global kental dengan arus pesat budaya baru sekarang. Adapun kebudayaan asing yang memperkenalkan budaya mereka di Indonesia, khususnya di Bandung hanya terdapat dua institusi kebudayaan asing. 

1. Goethe-Institut Bandung, Institusi Kebudayaan Jerman

Terdapat Insitusi kebudayaan Jerman di Bandung sejak tahun 1969, dua tahun masa transisi orde lama ke orde baru. Lembaga ini terletak di Jalan L. L. R.E. Martadinata No.48, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Perjalanan Goethe-Institut Bandung sudah berdiri 53 tahun. 

Tujuan pendirian institusi tersebut adalah memperkenalkan budaya dan bahasa Jerman di Indonesia. Lebih dari itu, hubungan bilateral di Indonesia, tersedia tempat kursus bahasa Jerman.

Goethe juga selalu mengadakan workshop dan seminar mengenai budaya. Tidak hanya budaya, kegiatan pameran seni, pementasan teater dan tari, konser musik, acara festival, diskusi sastra dan pembacaan juga selalu dilakukan goethe. Demikian pula, perpustakaan yang menyediakan buku berbahasa Jerman, koleksi musik dan film tersedia. Ujian bahasa Jerman yang memfasilitasi publik untuk terbang ke Jerman dengan sertifikat bahasa yang kredibel.

Menjadi pertukaran budaya yang dilakukan Goethe di Bandung adalah peluang besar bagi warga Bandung yang minat terhadap negara Jerman. Goethe mempunyai semboyan sprache, kultur, deutschland (bahasa, budaya, Jerman) dengan adanya lembaga Goethe memiliki kredibilitas mengenai Jerman lebih luas dan aman. Sebab, lembaga ini memiliki payung hukum yang kuat dan komunikasi dengan pemerintahan Jerman. 

Untuk selengkapnya, kalian bisa cek Goethe-Institut Website

2. Institut Francais Indonesia (IFI) Bandung

Selain Goethe-Institut dari negara Jerman, ada juga IFI Bandung yang berada di Jl. Purnawarman No.32, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. IFI menjadi salah satu institusi kebudayaan Francis di Indonesia. Sama dengan halnya Gothe yang menyelenggarakan acara berkaitan budaya, seni, pengetahuan, lingkungan, pendidikan, dan lainnya. 

Terdapat Auditorium sebegai fasilitas konser yang biasanya diselenggarakan disana dan cafe di lingkungan IFI yang bernama Appero Coffe & co. Mediatek yang menjadi kenyamanan pengunjung datang ke IFI.

Kursus bahasa di IFI terdapat sertifikat yang bermacam-macam, diataranya DELF-DALF, TCF, TEF, DAEFLE, CECRL.  Tentu hubungan bilateral melalui IFI di Bandung menjadi tempat yang bisa dijangkau di Daerah Jawa Barat. IFI selalu membuka warga Jawa Barat dan Bandung untuk mengenal kebudayaan mereka seperti yang dilakukan oleh Goethe-Institut. Ini juga menjadi sarana yang terjangkau untuk pergi ke luar negeri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan